Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Cara Mengatasi Muka Kering Paling Lengkap Beserta Penyebab Kulit Kering




Cara Mengatasi Muka Kering (Photo by Jenna Hamra Pexels)


Kenny Markin Media - Cara mengatasi muka kering sudah selayaknya diketahui oleh pemilik jenis kulit ini. Karena kulit kering dan kusam tidak jarang berdampak pada iritasi dan masalah kulit lainnya. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak!


Kenali Tanda dan Penyebab Sebagai Cara Mengatasi Muka Kering


Sebelum mengetahui cara mengatasi muka kering, mari kita mengenal apa itu muka kering? Apa tanda kulit kering? Dan apa penyebab kulit kering?


Kulit muka kering adalah salah satu dari empat jenis kulit wajah. Berbanding terbalik dengan muka berminyak yang memproduksi sebum terlalu banyak, kulit muka kering justru kesulitan memproduksi sebum.


Tanda-tanda kulit kering


Kulit kering itu seperti apa? Apa ciri-ciri kulit wajah kering? Berikut tanda-tanda kulit kering:

  1. Terasa ketarik kencang
  2. Mengelupas
  3. Pecah-pecah
  4. Kasar
  5. Gatal lebih sering


Apa penyebab kulit kering? Langsung saja kita bahas bersamaan dengan cara mengatasi muka kering ya, ladies!


Jangan Cuci Muka Terlalu Sering


Terlalu sering mencuci muka adalah salah satu penyebab kulit kering. Hah? Masa? Tentu saja! Mencuci muka bertujuan membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu, sebum dll.


Yup! Termasuk dari sebum. Sedangkan jika kamu memiliki jenis muka kering bawaan, maka tentu kulit wajah mu kesulitan memproduksi sebum. Kamu bisa simpulkan?


Jangan Mandi dengan Air Hangat


Meskipun mandi air hangat bagus untuk meredakan sakit karena haid, namun keseringan mandi dengan air hangat pun dapat membuat muka kering lebih kering lagi. Hah? Masa?


Tentu saja! Hal ini disebabkan oleh menguapnya cairan yang bertugas sebagai pelembab alami kulit. Sehingga, kulit menjadi hilang kelembaban.


Percepat Mandi


Masih di area permandian, sepertinya musuh terbesar muka kering adalah ritual mandi, ya? Namun, ritual mandi hanya langkah awal dari rangkain cara mengatasi muka kering saja, lho! Yuk simak lagi!


Cara Mengatasi Muka Kering dengan Skincare untuk Kulit Kering


Sabun Cuci Muka untuk Kulit Kering


Mencuci muka biar kulit tidak kering pakai apa? Cara mengatasi muka kering dengan cara mencuci muka, tentu tidak boleh lepas dari sabun untuk kulit kering. 


Toner untuk Muka Kering


Siapa bilang toner bukan merupakan cara mengatasi muka kering? Nyatanya, bukan hanya buka berminyak dan muka sensitif saja. Muka kering juga butuh toner.


Toner di kenal sebagai pembersih ekstra  dan pembuka jalan rangkaian skincare agar lebih meresap ke kulit. Namun siapa sangka bahwa toner juga dapat menghidrasi?


Pelembab untuk Kulit Kering


Bagaimana cara melembabkan kulit wajah yang kering? Tentu saja dengan pelembab untuk kulit kering. Pelembab merupakan hal penting bagi muka kering.


Namun berbeda dengan muka berminyak, cara mengatasi muka kering adalah dengan pelembab untuk kulit kering, yaitu pelembab dengan tekstur krim.


Masker untuk Kulit Kering


Cara mengatasi muka kering selanjutnya adalah dengan menggunakan masker untuk kulit kering. Entah itu masker alami untuk kulit kering, ataupun masker yabg dijual dipasaran.


Untuk masker muka kering yang dijual dipasaran sendiri memiliki beberapa macam. Namun masker untuk kulit kering terbaik tentu sheet mask. 


Serum sebagai Cara Mengatasi Muka Kering


Selain toner, pelembab dan masker untuk kulit kering, cara mengatasi muka kering yang tidak boleh di sepelekan lainnya adalah serum.


Pasti kamu tahukan? Bahwa serum merupakan salah satu peran di dunia skincare yang paling to the point terhadap masalah kulit. Tapi tetap lihat kandungan dari serum itu, ya!


Sunscreen Muka Kering


Meskipun semua merek sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit, namun tetap gunakan sesuai jenis kulit kamu ya, ladies!  Berbeda dengan muka berminyak, muka kering lebih di sarankan memakai sunscreen dengan tekstur balm, krim ataupun stik.


Obat Jerawat Seperlunya


Muka kering namun berjerawat? Memang repot, ya! Kamu boleh saja menggunakan obat jerawat, namun hanya pada area yang berjerawat saja, ya! Dan jangan berlebihan. Karena dapat mengakibatkan kulit kamu semakin kering, lho!


Hindari Alkohol


Kamu harus menghindari alkohol, sebagai cara mengatasi muka kering. Hah? Masa? Kenapa? Hal itu karena alkohol dapat membuat muka kering kamu jadi semakin kering, lho!


Cara Mengatasi Muka Kering selain Skincare


Hindari Penyebab Alergi


Kamu punya alergi? Alergi apa? Nah hindari hal yang membuat alergi kamu kambuh, ya! Kenapa? Karena ketika kamu sedang alergi, tentu kamu akan menggaruk, bukan?


Nah hal itu akan membuat kulit kamu jadi iritasi dan rusak. Tentu tidak mau, bukan? Oleh karena itu, cara mengatasi muka kering salah satunya adalah hindari penyebab alergi.


Pakai Humidifier


Siapa sangka bahwa humidifier juga merupakan cara mengatasi muka kering? Fungsinya yang melembabkan ruangan, juga berpengaruh dengan kelembaban kulit, lho! 


Sangat bagus untuk kesehatan kulit, khususnya kulit muka kering. Gak percaya? Ayo buktikan! Tapi ada baiknya cari tahu dulu tentang humidifier terbaik, ya!



Jangan Kurang Minum


Muka kering sangat butuh untuk dibuat lembab. Oleh karena itu, cara mengatasi muka kering yang tidak kalah penting adalah dengan minum ya, ladies!


Dalam sehari saja, kamu butuh minum minimal 1,5 liter air mineral, lho! Hal itu bertujuan untuk membuat lancar aktivitas organ ditubuh kamu. 


Perhatikan Asupan


Jangan hanya melakukan perawatan dari luar saja. Tubuh kamu juga perlu asupan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kamu, termasuk kulit. Namun sayangnya, cara mengatasi muka kering satu ini kerap kali dilupakan.


Itulah cara mengatasi muka kering ala kenny markin dot kom, bagaimana dengan kamu?

Posting Komentar untuk "15+ Cara Mengatasi Muka Kering Paling Lengkap Beserta Penyebab Kulit Kering "