Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria dan Wanita Terkomplit dan Paling Worth It




Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria dan Wanita (Foto oleh Shiny D Pexel)


Kenny Markin Media - Masalah muka berminyak memang sangat sering dikeluhkan oleh pria mau pun wanita. Masalahnya, cara mengatasi muka berminyak cukup membingungkan bagi sebagian orang.


Muka berminyak bila dibiarkan maka akan tumbuh jerawat. Sedangkan jika ditangani dengan cara yang tidak benar, maka akan menyebabkan kekeringan bahkan iritasi.


Lantas, muka berminyak harus pake apa? Sebelum mengetahui cara mengatasi muka berminyak pria dan wanita, ada baiknya mengetahui penyebab muka berminyak dan berjerawat terlebih dahulu.


Berbicara tentang penyebab muka berminyak dan berjerawat, tentu tidak bisa lepas dari istilah sebum dan kelenjar sebasea. Kelenjar sebesea sendiri adalah kelenjar yang bertanggung jawab dalam memproduksi sebum. 


Sedangkan sebum sebenarnya berfungsi sebagai pelembab alami kulit. Namun, kelenjar sebasea sebagian orang nyatanya memproduksi sebum secara berlebihan. Itulah yang menjadi penyebab muka berminyak dan berjerawat secara alami.


Faktor lain dari penyebab muka berminyak dan berjerawat antara lain adalah usia, genetik, ketidak seimbangan hormon, iklim bahkan gaya hidup.


Lalu bagaimana cara mengatasi muka berminyak pria dan wanita?


Cara Mengatasi Muka Berminyak Langsung Pada Wajah


Kenali Penyebab


Cara mengatasi muka berminyak paling dasar adalah dengan mengenali dulu asal mulanya. Apakah memang karena faktor genetik yang tidak bisa dihindarkan? Atau hanya faktor iklim?


Apapun penyebab muka berminyak, baik dari faktor eksternal maupun internal, kebiasaan tentu punya peran penting. Oleh karena itu, yuk simak kebiasaan yang merupakan cara mengatasi muka berminyak!


Bersihkan Wajah


Siapa disini yang malas cuci muka? Lelahnya beraktivitas memang kerap kali membuat kita untuk langsung rebahan saja, tanpa diawali dengan mencuci muka terlebih dahulu.


Namun mencuci muka merupakan langkah awal dari cara mengatasi muka berminyak dan masalah lainnya. Namun, gunakan sabun muka untuk kulit berminyak dan berjerawat, karena memang ini masalah kulit yang sedang kamu hadapi, bukan?


Keringkan 


Sah-sah saja bila kamu hanya mengeringkan dengan cara mendiamkan wajah. Namun alangkah lebih cepat jika kamu menggunakan media untuk mengeringkan, contohnya tisu.


Namun, jangan mengeringkan wajah dengan handuk. Sebab, pada handuk terdapat pertumbuhan bakteri. Bakteri-bakteri tersebut dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada wajah. Bukan menjadi cara mengatasi muka berminyak, malah menambah masalah.


Gunakan Toner untuk Muka Berminyak


Setelah mencuci wajah, kadang masih ada saja kotoran tak terlihat yang tertinggal. Oleh karena itu, penggunaan toner cukup diperlukan sebagai cara mengatasi muka berminyak. Karena toner dapat mengangkat sisa-sisa kotoran.


Selain itu, toner juga dikenal sebagai pembuka jalan untuk rangkaian skincare kulit berminyak lainnya. Namun pastikan, bahwa kamu memakai toner yang tepat sebagai cara mengatasi muka berminyak, toner untuk muka berminyak.


Pelembab Bertekstur Gel 


Siapa bilang muka berminyak tidak butuh pelembab? Proses memproduksi sebum kadang membuat kulit menjadi kekurangan air. Oleh karena itu, memakai pelembab juga merupakan cara mengatasi muka berminyak.


Namun, dibanding menggunakan pelembab bertekstur krim. Ada baiknya menggunakan pelembab bertekstur gel sebagai cara mengatasi muka berminyak, ya!


Masker untuk Kulit Berminyak


Dengan cara pemakaiannya yang didiamkan, tentu masker wajah memiliki kelebihan tersendiri. Manfaat dari penggunaan masker wajah pun bergantung kepada kandungan didalamnya.


Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi muka berminyak adalah dengan memakai masker wajah yang sesuai, yaitu masker untuk kulit berminyak.


Serum untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Selain masker, serum juga dapat menutrisi kulit lebih dalam lagi. Serum biasanya berbahan dasar air, sehingga dapat langsung meresap ke lapisan kulit terdalam. Dan tentu saja mengatasi masalah kulit.


Namun masalah kulit yang diatasi adalah sesuai dengan kandungan yang ada didalam serum tersebut. Oleh karena itu, penggunaan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat, dapat menjadi cara mengatasi muka berminyak.


Sunscreen Kulit Berminyak



Sudah bukan rahasia lagi, bahwa sinar matahari memang dapat merusak kulit. Tak terkecuali muka berminyak. Setelah melakukan rangkaian cara mengatasi muka berminyak, memakai sunscreen adalah langkah yang tepat agar usaha kamu di atas tidak sia-sia.


Namun, pemakaian sunscreen sering kali membuat muka berminyak semakin parah. Oleh sebab itu, ada beberapa tips pemakaian sunscreen sebagai cara mengatasi muka berminyak


  • Pastikan terdapat label noncomodogenic atau oil free
  • Gunakan sunscreen berwarna transparan sebagai cara mengatasi muka berminyak
  • Gunakan sunscreen bertekstur cair, seperti spray dan gel
  • Gunakan sunscreen dengan spf 30. Spf yang semakin tinggi, akan memberi unsur comodogenic lebih banyak.



Tisu Muka Berminyak


Tidak banyak yang tahu bahwa ada tisu khusus untuk muka berminyak. Sekilas, tisu ini terlihat layaknya kertas wajik atau kertas nasi. Namun siapa sangka, tisu ini merupakan cara mengatasi muka berminyak?!


Cara penggunaan tisu muka berminyak ini pun mudah, ladies! Cukup tempelkan pada bagian wajah yang mengkilap karena minyak. Namun, jangan digosok, ya!


Exfoliate


Cara mengatasi muka berminyak selanjutnya adalah dengan cara exfoliate. Exfoliate memang tidak mengurangi produksi sebum pada muka berminyak. Namun dengan exfoliate, salah satu masalah pada muka berminyak akan terhindar.


Yup! Masalah tersebut adalah jerawat. Exfoliate membantu kamu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori. Sehingga jalan keluar minyak di wajahmu tidak terhalangi. Namun tentu exfoliate tidka bisa dilakukan sembarangan, ada cara yang harus diperhatikan.


Cara Mengatasi Muka Berminyak Secara Tidak Langsung


Pola Makan


Cara mengatasi muka berminyak tidak bisa hanya dilakukan dari perawatan luar saja. Kamu juga perlu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam mulutmu.


Contohnya begini, pernahkah kamu merasa wajah lebih berminyak setelah makan gorengan? Jika pernah, tentu kamu tahu solusinya!


Hindari Stres


Sekarang, apakah kamu pernah merasa bahwa muka berminyak mu lebih parah saat stres? Hal itu wajar terjadi karena saat stres, produksi hormon kortisol meningkat. 


Hormon kortisol sendiri lebih dikenal sebagai hormon stres. Dimana ketika hormon tersebut meningkat, dapat merangsang sebasea untuk memproduksi sebum lebih banyak.


Jangan Sentuh Wajah


Cara mengatasi muka berminyak yang terakhir namun tidak kalah penting adalah ini. Jari dan telapak tangan, sering kali digunakan untuk memegang sesuatu. Dan tentu itu merupakan hal yang wajar.


Namun masalahnya, kerap kali kita memegang wajah dengan kondisi jari dan telapak tangan yang seperti itu. Menjadikan jari dan telapak tangan tersebut sebagai 'kendaraan' bagi bakteri dari barang yang kita sentuh menuju wajah.


Posting Komentar untuk "12+ Cara Mengatasi Muka Berminyak Pria dan Wanita Terkomplit dan Paling Worth It"