15+ Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama Paling Ampuh!

by - 10.00.00

 

Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama (Polina Z Pexels)



Nyeri haid memang kerap dirasakan oleh beberapa wanita. Bahkan sebagiannya, sampai tidak bisa beraktivitas karena rasa sakit tersebut. Sakit perut saat haid apakah Berbahaya? Bagaimana cara meredakan nyeri haid?


Sebelum membahas cara meredakan nyeri haid hari pertama, ada baiknya kita ketahui dulu kenapa nyeri saat haid hari pertama? Apa penyebab dari nyeri haid?


Sebenarnya, nyeri haid adalah hal yang normal. Hah? Masa? Itu karena haid atau menstruasi terjadi ketika sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma dikeluarkan, atau dibuang. 


Nah, pada saat inilah, terjadi penekanan pembuluh darah disekitar dinding rahim. Sehingga suplai oksigen dan darah ke rahim terputus, dan terjadilah kram.


Selain itu, putusnya suplai darah dan oksigen tadi, juga mengakibatkan lepasnya zat penimbul rasa sakit dalam tubuh, contohnya prostaglandin


Lalu bagaimana cara meredakan nyeri haid? 


Obat


Hal pertama yang ada dipikiran banyak wanita tentu, 'Obat meredakan nyeri haid apa?', bahkan 'Apa obat nyeri haid paling ampuh?'. Oleh sebab itu, kini tidak sedikit merk obat yang juga memproduksi obat untuk keluhan satu ini.


Akupuntur


Berbeda dengan mengkonsumsi obat, cara meredakan nyeri haid dengan menggunakan jarum ini rupanya masih tabu bagi kebanyakan wanita. Namun tentu saja, banyak pula wanita yang lebih rileks setelah melakukan akupuntur.


Dokter


Meski merupakan hal yang normal, namun nyeri haid memang tidak bisa disepelekan. Banyak wanita yang merasa terganggu karena rasa sakit ini. Jadi, jika kamu merasakan sakit yang berlebihan, silahkan periksakan diri ke dokter.


Apakah ada cara Mengatasi nyeri haid Tanpa obat, Alternatif dan Medis? Berikut cara meredakan nyeri haid lainnya :


Kompress Perut Dengan Botol Air Hangat


Cara meredakan nyeri haid yang populer adalah kompres perut. Menghangatkan perut memang dapat membuat pembuluh darah disekitar perut dan rahim melebar.


Hal itu dapat membuat aliran darah di sekitar sana lebih lancar. Sehingga rasa kram dan sakit pun perlahan menghilang.


Selain menggunakan botol, kamu juga bisa menggunakan gelas sebagai wadah penampung air hangatnya. Namun, jangan sampai tumpah, ya!


Dan jika kamu ingin praktis, cara meredakan nyeri haid paling cepat tentu saja dengan menggunakan pad khusus yang dijual di pasaran.


Oles Perut Dengan Minyak


Tentu minyak yang dimaksud bukan minyak wangi atau minyak tanah, ya! Mengoles minyak seperti minyak kayu putih, minyak telon dan teman-temannya dapat menghangatkan perut.


Hah? Masa? Tentu saja! Contohnya, pada minyak kayu putih terdapat kandungan kimia berupa cineole, linalool serta terpineol. Selain itu, kamu juga bisa gunakan balsem sebagai cara meredakan nyeri haid, ya!


Biasakan Olahraga Ringan


Orang yang jarang dan sering berolahraga kerap kali memiliki perbedaan, salah satunya dalam cara meredakan nyeri haid. Oleh sebab itu, sering berolahraga sangat dianjurkan, lho! 


Kamu tidak perlu olahraga berat seperti anggar, bermain basket dan lainnya. Cukup menambah peregangan ringan selama 5 sampai 10 menit kedalam rutinitas, sebagai cara meredakan nyeri haid.


Hindari Kafein


Meminum kopi memang enak dan bikin melek. Apalagi kini semakin banyak variasi kopi yang menggoda. Namun kabarnya, meminum kopi berlebihan dapat membuat sempit pembuluh darah.


Tentu hal tersebut membuat perut terasa kram. Jadi, menghindari kopi adalah cara meredakan nyeri haid. Kalau kamu tidak bisa menghindarinya, setidaknya kurangin lah, ya!


Kurangi Makanan Asin


Mengkonsumsi makanan asin secara berlebih, membuat darah menjadi lebih kental. Hal itu menyebabkan aliran darah menjadi terganggu. Sehingga menimbulkan nyeri pada perut.


Oleh karena itu, cara meredakan nyeri haid lainnya adalah dengan mengurangi makanan asin. Hal ini mungkin sulit, namun mari mencoba!


Jangan Kurang Minum


Cara meredakan nyeri haid paling mudah adalah dengan minum. Hah! Masa? Tentu saja! Dengan minum  2 liter air setiap hari, akan membuat kamu lebih terhidrasi. Selain itu, aliran darah kamu pun akan lebih lancar, lho!


Redakan Stres


Bukan rahasia lagi, jika stress memang dapat memicu berbagai macam penyakit. Termasuk nyeri pada haid. Oleh karena itu, cara meredakan nyeri haid adalah dengan mengelola stres.


Jika butuh tempat curhat, langsung ke paling bawah aja! Hanya dengan mengisi formulir dibawah, kamu bisa curhat memakai nama samaran dan juga email samaran. Layanan curhat online gratis ini, bisa bikin kamu plong! Yuk coba!


Perbaiki Asupan


Apa yang harus dilakukan saat nyeri haid? Salah satu cara meredakan nyeri haid tentu dengan memperbaiki asupan nutrisi. Kamu malas makan buah? Tidak suka sayur? Ayo paksakan! Minimal saat sedang haid.


Minum Air Hangat


Yang hangat-hangat rupanya memang bikin nyaman, ya! Sama seperti mengkompres perut dengan air hangat, kamu juga bisa minum air hangat sebagai cara meredakan nyeri haid, lho!


Mandi Air Hangat, Cara Meredakan Nyeri Haid Paling Segar


Masih dengan yang hangat, mandi air hangat juga merupakan cara meredakan nyeri haid, lho! Selain itu, mandi dengan air hangat pun akan membuat kamu lebih rileks dan segar. Tidak percaya? Ayo buktikan!



Minum Jamu, Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Tradisional


Cara tradisional ini sudah menjadi cara meredakan nyeri haid dari jaman dahulu, lho! Sebut saja jamu kunyit asemnya. Selain segar, kandungan kunyit memiliki banyak khasiatnya, ladies! Termasuk jika kamu sedang haid.


Makanan Meredakan Nyeri Haid


Salah satu cara meredakan nyeri haid adalah dengan memperhatikan pola makan. Apa kamu pernah coba memakan nasi merah saat haid? 


Memakan nasi merah ditambah ayam atau ikan. Tidak lupa sayuran berdaun hijaunya merupakan cara meredakan haid, lho!


Pilihan Pembaca : 8+ Tips Menjaga Kesehatan Mental Remaja


Agar tidak bosan, coba ganti sayur tiap harinya. Contohnya, senin dengan brokoli, selasa dengan buncis, rabu dengan selada, kamis dengan seledri. Semua yang disebut tadi, dapat memperlancar peredaran darah, lho!


Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid


Sebenarnya harus minum apa agar haid tidak sakit? Selain minum air mineral dan jamu seperti di atas, cara meredakan nyeri haid lainnya adalah dengan meminum jus.


Pilihan Editor : Cara Menumbuhkan Bulu Mata Terampuh Ada Disini


Jika kamu malas makan buah, ada baiknya kamu menjadikannya jus, bukan? Jus semangka, jus pepaya, jus alpukat, jus pisang, jus strawberry dan beri lainnya sangat dianjurkan, lho! Oh iya! Jangan lupakan susu, ya!

You May Also Like

0 comments

Bagaimana menurut anda?