Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rutinitas Sehari-Hari Wanita Mandiri Agar Lebih Produktif Di Masa Kini

Rutinitas sehari-hari wanita mandiri (Pexels)




Kenny Markin Media - Rutinitas sehari-hari setiap orang terutama wanita tentu berbeda-beda. Hal tersebut bisa dipengaruhi dengan berbagai faktor seperti usia, profesi, kewajiban dan beberapa hal lainnya.


Namun setiap aktifitas harian pasti memiliki tingkat kebosanan dan kesulitan tersendiri. Oleh karenanya tak sedikit orang yang mulai merasakan lelah dan bosan dipertengahan hari.


Namun kabar baiknya, ada beberapa rutinitas yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas dan kesiapan menjalani hari agar semakin produktif. Apa saja? 


Rutinitas Bangun Sesegera Mungkin


Dengan bangun lebih awal secara teratur akan membuat seseorang merasa memiliki waktu lebih panjang yang berpengaruh dengan berkurangnya stres karena terburu-buru.


Bahkan bangun pagi yang cukup dianjurkan adalah ketika belum terbitnya matahari, dengan kata lain rutinitas pertama agar lebih produktif adalah bangun dari tidur sekitar pukul 05.00 WIB.


Minum Air Mineral


Rutinitas kedua yang sangat dianjurkan adalah meminum air mineral setiap pagi hari. Seperti yang dirangkum oleh situs Alodokter.com bahwa mengkonsumsi air mineral setelah bangun tidur memiliki beberapa manfaat.


Mulai dari mengeluarkan racun atau zat berbahaya dalam tubuh, mengencangkan kulit hingga meningkatkan metabolisme tubuh akan anda dapatkan ketika meminum air mineral setelah bangun tidur.


Peregangan Ringan


Rutinitas yang terdengar sulit dan melelahkan namun cukup menyenangkan dan menyegarkan saat anda lakukan adalah peregangan ringan. 


Anda tidak harus berlari mengelilingi komplek atau lapangan yang luas. Cukup dengan gerakan-gerakan kecil atau lari ditempat pun sudah cukup untuk dilakukan setiap pagi. Jangan lupa mainkan musik agar lebih semangat.


Meditasi


Salah satu rutinitas yang cukup penting dilakukan setiap harinya adalah meditasi. Namun sayangnya, rutinitas bermanfaat satu ini masih terdengar asing di kebanyakan orang.


Padahal meditasi bisa dilakukan dimana saja karena tergolong cukup mudah dan fleksibel. 



Sarapan


Lontong dan bakwan untuk sarapan



Masih banyak orang terutama wanita yang melupakan sarapan. Padahal untuk melakukan rutinitas sehari-hari membutuhkan cukup banyak energi.


Salah satu waktu yang tepat untuk mengisi energi adalah di pagi hari. Karena hal itu, sarapan seharusnya menjadi rutinitas wajib dan kebiasaan bagi banyak orang terutama wanita mandiri.


Membaca atau Mendengar


Banyak ahli yang menyarankan untuk membaca koran di pagi hari untuk lebih membuka pemikiran dan wawasan. Namun sayangnya, membaca memang dinilai terlalu rumit bahkan untuk dilakukan disiang atau sore hari sekalipun.


Padahal membaca tidak selalu identik dengan hal yang rumit. Seseorang bisa mulai membaca sesuatu dari hal yang merupakan minatnya. Misalnya membaca novel online gratis.


Bukan hanya itu, di zaman yang semakin berkembang kini, mendapatkan informasi semakin mudah. Bukan hanya dari membaca, namun bisa juga dari mendengarkan.



Bersyukur Merupakan Rutinitas Wajib


Dengan rutin bersyukur, maka akan membuat seseorang lebih menghargai dan menikmati hidup. 


Karena dunia sudah dipenuhi dengan banyaknya tuntutan untuk terus mencapai dan berusaha tanpa henti, maka bersyukur adalah refreshing jiwa untuk tetap menikmati dan berpikir waras.



Mandi Pagi


Dibeberapa negara asia seperti Korea dan Jepang, mandi pagi bukanlah merupakan suatu kewajiban. Hal itu dikarenakan, kita tidak melakukan aktifitas berat dan kotor saat sedang tidur.


Hal itu tentu masuk akal, namun apakah hal itu bisa dilakukan di Indonesia? Karena banyak orang Indonesia yang mengaku lebih segar melakukan rutinitas harian lainnya bila mengawali paginya dengan mandi, terutama mandi dengan air hangat.



Daily Planner


Perencanaan memang sangat baik dilakukan, bukan hanya untuk hal terkait keuangan saja, namun juga terkait kehidupan. Mencatat apa saja yang harus dilakukan berdasarkan prioritas bisa membuat seseorang lebih mengendalikan waktunya.


Baca juga : Mengatur Keuangan Rumah Tangga


Hindari Media Sosial


Rasa penasaran dengan apa yang terjadi di luar sana memang cukup menggoda untuk membuka media sosial.


Atau setidaknya rasa ingin tahu apakah ada kabar terkini dari seseorang melalui aplikasi chating seringkali menggerakkan jari untuk membuka aplikasi tersebut.


Dan tanpa disadari, banyak waktu yang terpakai hanya dengan membuka beberapa aplikasi media sosial tersebut. Hal itu tentu saja akan mengurangi produktifitas harimu.



Jadi, untuk mendapatkan hari-hari yang lebih produktif sebaiknya dimulai dengan melakukan rutinitas harian yang bermakna seperti di atas. 


Jangan lupa juga tinggalkan rutinitas yang memang akan memakan waktu dan fokus lebih banyak namun tidak menghasilkan. 

 

Posting Komentar untuk "10 Rutinitas Sehari-Hari Wanita Mandiri Agar Lebih Produktif Di Masa Kini"