Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23+ Perlengkapan Kuliah Maba Terpenting yang Harus Kamu Siapkan!

 


Perlengkapan kuliah maba kennymarkin.com

Kenny Markin Media - Perlengkapan kuliah maba adalah sesuatu yang perlu diperhatikan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Ketika kamu menjadi maba namun masih banyak perlengkapan kuliah yang belum kamu penuhi, maka sama saja kamu menyeberangi lautan tanpa perahu.

Sebelumnya, tahukah kamu calon maba itu apa? Maba merupakan istilah terkenal dari singkatan mahasiswa baru. Maka dari itu, perlengkapan kuliah maba bisa diartikan  sebagai perlengkapan kuliah mahasiswa baru.

Perlengkapan kuliah pun kini bisa dibedakan menjadi dua, yaitu perlengkapan kuliah online dan perlengkapan kuliah offline. Kamu mungkin sudah tahu apa saja perlengkapan kuliah online, lalu apa saja yang harus dibawa saat kuliah offline?

Berikut Perlengkapan Kuliah Maba Terlengkap yang Rugi Jika Kamu Tidak Miliki

Laptop

perlengkapan kuliah maba

Perlengkapan kuliah maba yang pertama adalah laptop. 'Tapikan masih mahasiswa baru. Apakah maba perlu laptop?' Beberapa calon mahasiswa kerap kali bertanya demikian.

Urgensi kepemilikan laptop memang berbeda setiap maba dan jurusan. Namun tidak dipungkiri, kepemilikan laptop memang cukup menunjang dalam aktifitas perkuliahan.

Tas

Perlengkapan kuliah maba yang kedua adalah tas. Tas berfungsi untuk membawa beberapa perlengkapan kuliah maba yang akan disebut setelah ini. 

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan, apakah akan memisahkan antara tas laptop dan tas perlengkapan kuliah maba lainnya, atau menjadikannya satu tas multifungsi?

Smartphone

perlengkapan kuliah maba

Berbeda dengan laptop yang tidak menjadi kepentingan semua orang, di zaman sekarang smartphone tentu menjadi barang penting bukan? Termasuk bagi mahasiswa. 

Bukan hanya sebagai sarana komunikasi, kamu juga bisa menggunakan smartphone untuk mengerjakan tugas ketik-mengetik. Itulah mengapa smartphone menjadi salah satu perlengkapan kuliah maba yang harus kamu miliki.

Tablet

perlengkapan kuliah maba

Tablet menjadi salah satu alternatif jika kamu tidak bisa memiliki laptop. Meskipun memang ada beberala software yang hanya mumpuni dikerjakan menggunakan laptop. Namun tablet untuk beberapa jurusan, tablet lebih bermanfaat dibanding laptop.

Earphone atau Handsfree

perlengkapan kuliah maba

Ada beberapa materi yang harus kamu pelajari dengan mendengarkan audio atau menonton video. Kamu tidak mau kan jadi pusat perhatian karena apa yang kamu dengar atau tonton? Oleh karena itu, perlengkapan kuliah maba satu ini tentu harus selalu kamu bawa ya!

Flashdisk atau Hardisk

perlengkapan kuliah maba


Flashdisk atau hardisk merupakan alat penyimpan data yang populer dikalangan mahasiswa dan pekerja. Bahkan anak sekolah pun tak sedikit yang menggunakannya.

Perbedaan Flashdisk dan Hardisk hanya di kapasitas penyimpanannya saja, dan tentunya akan berdampak pada harga ya! Perlengkapan kuliah maba satu ini sangat penting untuk pemindahan data antar device.

Power Bank

perlengkapan kuliah maba

Jadwal kuliah yang tak menentu membuat kamu akan lebih lama meninggalkan kosan atau rumah. Belum lagi gadget kamu tentu akan selalu dipakai demi menunjang aktifitas kuliah.

Oleh karena itu, power bank merupakan perlengkapan kuliah maba yang juga sangat penting untuk selalu kamu bawa. Jangan sampai aktifitas kuliah kamu terganggu karena perkara baterai lemah.

Soket Terminal / Stop Kontak

Bicara tentang baterai, ada baiknya kamu membawa soket sebagai perlengkapan kuliah maba kamu. Akan adakalanya kamu membutuhkan sumber listrik, namun sumber listrik yang kamu perlukan sudah penuh.

Dengan membawa soket, kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas sumber listrik tersebut tanpa mengganggu mahasiswa lain yang sedang menggunakannya.

Printer

perlengkapan kuliah maba

Meski zaman sekarang hampir semua sudah digital, namun aktifitas kuliah memang cukup sulit untuk lepas dari kegiatan cetak mencetak.

Daripada lelah bolak-balik tengah malam untuk mencetak, tentu lebih baik memiliki alat pencetakan pribadi bukan? Namun yang perlu diingat, perlengkapan kuliah maba satu ini tidak untuk dibawa kemana-mana ya!

Binder

Tahukah kamu kuliah menggunakan buku apa? Berbeda dengan sekolah, mahasiswa lebih memilih menggunakan binder dibanding buku tulis biasa agar lebih fleksibel.

Lalu bagaimana jika dosen meminta tugas dikumpulkan? Biasanya dosen akan memberi tugas bersifat online, entah itu melalui website, email atau formulir online. Bahkan tidak sedikit dosen yang sekarang hanya meminta pengumpulan tugas berupa link.

Namun jika dosen meminta pengumpulan tugas berupa kertas, maka akan berupa cetakan atau yang biasa disebut print out. Bahkan beberapa dosen pun terkadang mendadak membawa cetakan tugas sendiri dan dibagikan kepada mahasiswa, yang nantinya mahasiswa tinggal mengisi menggunakan pulpen.

Buku Sesuai Mata Kuliah dan Bahan Bacaan

Perlengkapan kuliah maba kennymarkin.com

Seperti halnya sekolah, kuliah pun masih menggunakan buku-buku rujukan. Meski beberapa buku berbentuk online, namun masih ada beberapa buku yang berbentuk cetak.

Kamu pun akan diberitahu perihal buku apa saja yang harus kamu miliki. Namun ada baiknya kamu juga membaca-baca buku lain yang cocok dengan jurusan kamu. Dan ada baiknya, perlengkapan kuliah maba satu ini kamu miliki secara pribadi ya.

Highlighter atau Stabilo

Highlighter atau yang lebih dikenal dengan stabilo dapat membantu kamu memberi tanda pada materi-materi penting yang harus kamu ingat. Oleh karena itu, perlengkapan kuliah maba satu ini juga harus kamu persiapkan sebelum kuliah.

Post It atau Sticky Note

Tak berbeda jauh dengan highlighter, sticky note atau post it jiga berfungsi untuk memberi tanda. Perlengkapan kuliah maba satu ini bahkan bisa kamu tempel di laptop kamu juga.

Pulpen/Pensil

Meski lebih sering menggunakan media digital, adakalanya kamu harus menulis secara manual. Selain itu, perlengkapan kuliah maba satu ini akan sangat membantumu dalam menghitung manual, menulis catatan cepat atau bahkan menjawab soal di kertas yang telah disediakan dosen.

Penghapus/Tape Penghapus

Ada pulpen dan pensil, maka ada pula penghapusnya. Karena akan ada masa dimana kamu akan salah dalam menulis, maka kamu pun harus memiliki barang untuk mengkoreksinya. Oleh karena itu, perlengkapan kuliah maba satu ini juga tidak boleh ketinggalan.

Tempat Pensil 

Perlengkapan kuliah maba satu ini tentu saja kamu butuhkan untuk penyimpanan beberapa perlengkapan kuliah yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, tempat pensil pun dapat membuat isi tas kamu menjadi lebih rapih.

Pembatas Buku

Aktifitas belajar tentu tak luput dari membaca. Pernahkah kamu lupa telah membaca hingga halaman berapa? Jika pernah, maka kamu wajib memiliki perlengkapan kuliah maba satu ini.

Pembalut

Kesibukan di kampus terkadang membuat beberapa wanita lupa akan hari spesial mereka. Ditambah pula, bagi sebagian wanita siklus haid terkadang tidak dapat diperhitungkan. 

Oleh karena itu, pembalut merupakan salah satu perlengkapan kuliah maba terpenting khususnya bagi para mahasiswi.

Tisu

Aktifitas kuliah tentu membutuhkan banyak tenaga. Bukan hanya tenaga, terkadang tanpa kamu sadari, aktifitas kuliah telah membuat kamu berkeringat. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan kuliah maba ini di dalam tas kamu ya!

Botol Minum

perlengkapan kuliah maba botol minum

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aktifitas kuliah tentu membutuhkan banyak tenaga. Terlebih jika kamu memiliki jadwal padat seharian. Oleh karena itu, kamu harus selalu menghidrasi tubuh kamu dengan air.

Namun jika terus membeli air kemasan, tentu kamu harus merogoh kantong lebih dalam setiap harinya. Maka dari itu, salah satu perlengkapan kuliah maba yang harus kamu punya adalah botoh minum.

Hand Sanitizer

Siapa yang tidak tahu dengan perlengkapan kuliah maba satu ini? Hand Sanitizer sempat booming dan banyak di cari saat terjadi pandemi kemarin.

Namun tahukah kamu? Mengapa hand sanitizer merupakan salah satu perlengkapan kuliah maba yang sangat disarankan untuk kamu bawa? 

Uang dan Kartu

Perlengkapan kuliah maba yang terpenting tentu saja uang. Perlengkapan kuliah maba yang terpenting selain uang adalah kartu. Berikut kartu-kartu yang harus kamu bawa sebagai mahasiswa

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Mahasiswa 
  • Kartu Perpustakaan 
  • Kartu ATM
  • Kartu Transportasi

Dompet

perlengkapan kuliah maba dompet

Perlengkapan kuliah maba yang harus kamu miliki terakhir adalah dompet. Perlengkapan kuliah satu ini tentu berfungsi untuk menjaga kerapihan uang dan kartu-kartu yang kamu punya.

Selain yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat kuliah hari pertama sebagai mahasiswa, mulai dari persiapan secara mental, fisik dan pikiran, hingga ke menu sarapan.


Posting Komentar untuk "23+ Perlengkapan Kuliah Maba Terpenting yang Harus Kamu Siapkan!"