Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Dasar Persiapan Menuju Kuliah : nomor 5 sampai 12 sering dilupakan

12 Persiapan dasar menuju kuliah

Persiapan anak SMA untuk kuliah memang selalu menjadi topik yang diangkat. Mulai dari syarat masuk kuliah, buku tulis untuk kuliah hingga persiapan kuliah online ditengah pandemi.

Lalu apa saja persiapan kuliah online dan offline mendasar yang harus dilakukan? Simak daftarnya :

1. Manejemen waktu

Mulai dari masuk kuliah bulan apa? Apa langkah pertama untuk kuliah? Kapan harus mendaftar? Bagaimana pembagian waktu belajar dan aktivitas lain? Itu semua harus menjadi hal pertama yang diperhatikan.

Alangkah lebih baik jika kamu membuat list perencanaan atau yang biasa disebut to do list oleh pelajar kekinian. Hal itu bisa membuat kamu tetap fokus tentang apa yang harus dilakukan. Kamu juga bisa membuat planner untuk beberapa hari kedepan. To do list, daily planner, weekly planner dan planner lainnya akan membantu kamu dalam mengalokasikan waktumu agar lebih bermanfaat. Kamu pun dapat membuatnya sendiri sesuai kreativitasmu atau membelinya di toko marketplace seperti shopee. Berikut link toko yang menjual berbagai planner yang akan membantumu. 


2. Memperdalam Public Speaking

Apa saja yang dilakukan saat kuliah? Ada banyak hal yang bisa disebut kegiatan kuliah. Entah didalam kelas maupun diluar kelas. Namun yang pasti dilakukan dari semester awal hingga semester akhir pastinya adalah presentasi. 

Apa kuliah harus pintar agar lancar melakukan presentasi? Sebetulnya bukan pintar, tapi memahami Public Speaking lah yang menjadi kunci lancar presentasi. Dan bukan hanya untuk keperluan kuliah saja, belajar Public Speaking pun akan sangat berguna diberbagai aspek kehidupan lainnya. Saya akan coba rangkum tips lancar presentasi di artikel berikutnya, silahkan dinantikan.

3. Belajar Bahasa Inggris

Apa saja materi yang diperlukan sebagai mahasiswa baru? Hal mendasar apa yang harus dipelajari? Jawabannya adalah bahasa Inggris. 

Dibeberapa jurusan, bahasa Inggris menjadi salah satu mata kuliah. Sebut saja mata kuliah komunikasi bahasa Inggris bisnis dijurusan manajemen.

Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris akan membuat kamu lebih mudah memahami banyak materi dari sumber asing yang ditulis menggunakan bahasa internasional tersebut.

4. Membeli Perlengkapan Dasar

Apa kuliah harus punya laptop? Seperti apa buku tulis untuk kuliah? Hingga pakaian apa yang pantas digunakan saat kuliah sudah sewajarnya menjadi pertanyaan para calon maba (mahasiswa baru). Untuk lebih jelas apa saja perlengkapan kuliah maba, akan saya bahas di artikel  yg berbeda.

5. Cari Informasi dan Membeli Perlengkapan Khusus

Perlu persiapan khusus dalam membeli perlengkapan disetiap jurusan. Keperluan jurusan manajemen sudah pasti berbeda dengan jurusan teknik sipil dan komunikasi. Untuk itu diperlukan informasi lebih lanjut setelah memutuskan jurusan yang akan didaftar, salah satunya perihal perlengkapan khusus yang harus dimiliki.

6. Ikuti Perkembangan Isu Sesuai Jurusan

Tentu kamu tidak ingin menjadi mahasiswa baru yang kudetkan? Maka dari itu, penting untuk kamu mengikuti perkembangan isu sesuai jurusan yang kamu pilih. Pertama, kamu bisa mengikuti media sosial dan website kampusmu. Cari tau juga akun media sosial fakultasmu, lalu simak apa saja topik yang dibahas. Kamu juga bisa mencari tau informasi tentang topik tersebut diinternet lalu mencari tahu siapa saja pakar dibidang tersebut dan mengikuti akun media sosialnya.

7. Cari Informasi Tentang Alumni

Tak berbeda jauh dengan poin nomor enam diatas, kamu juga bisa mencari tahu informasi tentang mereka dan mengikuti akun media sosialnya. Lebih baik lagi bila kamu mengikuti akun LinkedIn para alumni jurusanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan kelak setelah lulus kuliah.

8. Cari Informasi Materi dan Pelajari Lebih Awal

Masih ada kaitannya dengan dua poin diatas. Setelah kamu mengetahui informasi apa saaj yang dibutuhkan saat nanti lulus kuliah, kamu bisa melakukan pencarian diinternet perihal pembahasan tersebut. Jika kamu mengetahui buku apa yang akan digunakan selama perkuliahan, tidak ada salahnya kamu membeli lebih awal atau membeli versi lainnya.

9. Belajar Menggunakan Aplikasi

Aplikasi-aplikasi dasar seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint yang sudah kamu pelajari di bangku sekolah ada baiknya kamu tingkatkan. Berlatih mengetik sepuluh jari, mempelajari rumus Microsoft Excel, belajar membuat presentasi yang baik akan sangat membantumu kelak.

Pahami juga menggunakan Zoom, GDrive, dan e-mail. Kamu juga perlu belajar dan memiliki akun blog di Blogger ataupun WordPress. Beberapa dosen mungkin akan memberimu tugas yang harus diposting via YouTube ataupun blog. Jadi, persiapkan dari sekarang.

10. Berlatih Membuat Catatan yang Enak Dibaca

Saat kuliah nanti, materi akan diberikan dari berbagai sumber seperti buku, modul, dan lainnya. Untuk itu penting bagimu membuat catatan tertulis entah dimedia tulis maupun di gadget. Kamu bisa membuat semenarik mungkin sehingga membuatmu betah berlama-lama membacanya.

11. Cari Informasi dan Pilih Kegiatan Sampingan

Kamu bisa saja hanya fokus kuliah. Namun sebagai mahasiswa sebenarnya memiliki banyak kesempatan mengasah diri. Kamu bisa mengikuti lomba sesuai kemampuanmu, kamu juga bisa mengikuti organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dikampusmu. Tak hanya dikampus, kamu bisa mengikuti organisasi atau komunitas diluar kampus. Bahkan kamu juga bisa melakukan kerja sampingan. Aktivitas-aktivitas tersebut sangat berguna untuk mengisi portofoliomu kelak.

12. Cari Informasi Tempat Tinggal

Setelah mengetahui lokasi kampus, kamu harus memutuskan dimana kamu akan tinggal. Bila kamu memutuskan untuk tetap tinggal dirumah, maka kamu perlu perhatikan jalur transportasi, dan durasi perjalanan. Jika Kamu memutuskan untuk kos, maka lebih banyak informasi yang harus kamu ketahui. Apa saja informasi yang harus kamu ketahui ketika akan nge-kos? Akan saya rangkum diartikel berikutnya ya.

Kesimpulannya, banyak hal dasar yang harus dipersiapkan menjelang menjadi mahasiswa. Untuk persiapan secara khusus mahasiswa ekonomi, psikologi dan jurusan lain bahkan persiapan khusus untuk calon mahasiswa diatas usia 24 tahun akan saya bahas diartikel selanjutnya.

Happy reading, semoga bermanfaat dan siapa tahu bermanfaat juga buat orang sekitar kamu, jadi silahkan dibagikan. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "12 Dasar Persiapan Menuju Kuliah : nomor 5 sampai 12 sering dilupakan"