Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah diatas Usia 24 Tahun Bisa Murah? Simak Persiapannya

Kuliah Diatas 24 Tahun Bisa Murah? Simak Persiapannya

Mengenai kuliah diusia 28 tahun, atau bisakah kuliah diumur 30 tahun? Hingga apakah usia 40 tahun bisa kuliah? Tak jarang terlontar sebagai sebuah pertanyaan. Bahkan tak sedikit pula yang mencari informasi perihal jurusan kuliah diusia 30 tahun.

Jadi, adakah batasan usia untuk kuliah? Berapa usia maksimal masuk kuliah? Dibeberapa perguruan tinggi memang ditetapkan batasan usia untuk calon mahasiswanya, terutama pada perguruan tinggi negeri. Namun kuliah tak harus di perguruan negeri bukan? Perguruan tinggi swasta pun tidak sedikit yang sudah terakreditasi baik. Bahkan diantaranya menawarkan harga pendidikan yang cukup terjangkau. Sebut saja Bina Sarana Informatika atau yang lebih dikenal dengan nama BSI. Namun bila kamu masih mendambakan perguruan tinggi negeri, mungkin Universitas Terbuka atau biasa disingkat UT bisa menjadi jawabannya.

Lalu apa saja persiapan kuliah untuk calon mahasiswa berusia diatas 24 tahun? Dari segi persiapan secara umum tak jauh berbeda dengan macam-macam persiapan yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Hanya saja untuk kamu yang memutuskan kuliah diusia yang tak lagi muda tentu akan lebih banyak pertimbangan mulai dari segi mental dan waktu.

Dari segi mental, kamu akan sering mendengar kata-kata negatif dari orang-orang sekitarmu yang mungkin akan membuat kamu berfikir mundur. Terutama jika kamu memutuskan untuk kuliah offline. Sedangkan bila dilihat dari segi waktu, diusia ini tentu kamu sudah memiliki tanggung jawab lain, entah menjadi tulang punggung keluarga, telah memiliki  anak atau bahkan keduanya.

Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk kuliah diusia yang tak lagi muda

1. Tentukan Tujuanmu

Tujuanmu adalah pondasi mu. Ibarat rumah, pondasi akan lebih menguatkan ketika ada angin yang akan menerpa rumahmu. Begitulah dengan mental. Kamu harus menentukan tujuanmu secara jelas. Kamu bisa mencoba dengan menjawab beberapa pertanyaan ini

- Mengapa kamu ingin kuliah?

- Haruskah kamu kuliah? Mengapa?

2. Buat Skala Prioritas

Tentu tidak hanya kuliah yang menjadi prioritas hidupmu. Bahkan kuliah mungkin bisa saja bukanlah prioritas utamamu. Untuk itu kamu perlu dengan jelas mengetahui apa prioritas utamamu dan di prioritas nomor berapakah aktivitas kuliahmu. Untuk itupun kamu bisa menjawab pertanyaan berikut

- Urutkan prioritas aktivitasmu! Dinomor berapakah aktivitas kuliahmu?

- Urutkan prioritas keuanganmu! Dinomor berapakah pengeluaranmu untuk kuliah?

3. Latih Manajemen Waktu

Kemampuan manajemen waktu sebenarnya bukan hanya dibutuhkan untuk calon mahasiswa yang berusia diatas 24 tahun saja. Oleh karena itu, tips manajemen waktu sudah saya bahas di artikel sebelumnya.

4. Gunakan To Do List dan Planner

Masih menjadi bagian dalam mengelola waktu, membuat to do list dan menggunakan planner akan lebih membantumu dibanding harus serba dadakan. Dengan menggunakan to do list, kamu akan lebih mengetahui apa yang harus kamu prioritaskan dan apa yang harus terlebih dahulu kamu kerjakan. Sedangkan dengan planner kegiatanmu akan lebih terstruktur dan terencana. 

Sebenarnya tidak terlalu sulit membuat dan menggunakan to do list serta planner. Hanya perlu waktu tidak lebih dari 3 menit setiap harinya bila kamu sudah memiliki to do list dan planner yang telah kamu beli sebelumnya. Namun jika kamu ingin membuatnya secara manual, kamu membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit setiap harinya tergantung kreatifitas kamu sendiri.

5. Alasan

Selain mental, sepertinya kamu juga perlu menyiapkan jawaban singkat yang bisa kamu gunakan bilamana ada yang pertanyaan yang sedikit menyinggung kamu nanti. Tapi bukankah tidak semua pertanyaan memiliki jawaban? Jadi kamu tidak harus menjawab pertanyaan bila dirasa tidak penting atau bahkan hanya untuk menjatuhkan kamu.

Kesimpulannya, tidak ada kata terlambat dan tidak ada yang percuma dalam mengejar ilmu. Dan apapun yang akan kamu hadapi nantinya, perlu untukmu menguatkan dirimu sendiri terlebih dahulu.

Sekian artikel kali ini, bila kamu ada saran silahkan tulis komentar.


Posting Komentar untuk "Kuliah diatas Usia 24 Tahun Bisa Murah? Simak Persiapannya"