Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+25 Lowongan Penulis Lepas Valid 2023 Beserta Tipsnya!


Lowongan Penulis Lepas



Kenny Markin Media - Menjadi penulis lepas sering kali di iming-iming sebagai pekerjaan yang santai namun menjanjikan. Bukan hanya itu, bagi kamu yang memiliki rutinitas di pagi hingga sore hari, penulis lepas juga bisa menjadi salah satu dari kerja sampingan malam hari kamu.


Ada lebih dari 25 lowongan penulis lepas yang bisa kamu cek. Namun, bagaimana cara menjadi penulis lepas? Apa sih yang harus dilakukan untuk menjadi penulis lepas?


Rajin Membaca dan Melalukan Riset


Menjadi penulis lepas tentu membutuhkan kemampuan menulis. Dimana kemampuan menulis merupakan output yang membutuhkan input sebelumnya. Nah, disinilah aktifitas membaca dan melakukan riset diperlukan.



Pelajari Tata Bahasa


Penulis lepas menjual tulisan sebagai karya. Dimana tulisan terbentuk dari beberapa kalimat yang membutuhkan tata bahasa yang baik serta mudah dipahami. Jadi, menjadi penulis lepas tidak bisa berhenti untuk mengasah kemampuan tentang tata bahasa.



Mulai Membuat Portofolio


Lowongan penulis lepas baik itu lowongan kerja penulis artikel dibayar, lowongan kerja penulis cerpen online, lowongan kerja penulis puisi online atau lowongan penulis lepas lainnya, biasanya membutuhkan penulis lepas yang berpengalaman. Dan hal tersebut dilihat dari portofolionya.


Penulis lepas biasanya membuat portofolio online di salah satu situs ini: 

  • Blogger
  • Wordpress
  • Medium
  • Linkdln


Manajemen Waktu


Meski fleksibel dan tidak terikat, menjadi penulis lepas juga membutuhkan kedisiplinan waktu, fokus dan konsistensi. Kemampuan mengatur waktu yang baik sangat diperlukan agar kamu menjadi penulis lepas yang profesional.


Gabung Komunitas


Merintis sebuah usaha ataupun melakukan pekerjaan terkadang akan membuat kamu jenuh dan frustasi. Oleh karena itu, sebagai penulis lepas, kamu butuh lingkungan yang akan memotivasi dan selalu berlomba dalam membuat konten.



Berlatih


Kemampuan menulis untuk menjadi penulis lepas tidak akan bisa didapatkan hanya dengan satu atau dua kali menulis saja. Kamu perlu berlatih lebih sering untuk menjadi penulis lepas profesional.


Ikut Kursus


Poin yang tidak wajib namun sangat membantu untuk menjadi penulis lepas adalah dengan mengikuti kursus. Dengan mengikutin kursus, kamu akan mendapatkan ilmu, lingkungan baru dan juga sertifikat yang akan menunjang kamu dalam mengisi lowongan penulis lepas, loh!


Lalu apa saja lowongan penulis lepas? Dimana bisa menjadi penulis lepas?


IDN Times


Siapa yang tidak kenal dengan situs IDN Times? Untuk menulis di IDN Times ini, kamu perlu menjadi member IDN Times Community terlebih dahulu. Untuk pembayarannya bergantung jumlah vie yang sudah diakumulasikan menjadi poin.


Playoholic


Kamu suka main games? Berarti situs ini cocok banget buat kamu. Situs yang berbahasa inggris ini memiliki kategori roleplay, simulasi, strategi dan banyak lainnya. Untuk bergabung sebagai penulis lepas di Playoholic, kamu hanya perlu scroll kebawah hingga terlihat tulisan 'write for Playoholic'


UC News


Kamu pasti kenal UC News bukan? Platform ini sudah ada sejak bertahun-tahun dan aktif merekrut para penulis lepas. Pembayarannya pun menggunakan mata uang dollar.


Saung Writer


Situs ini bisa dikatakan sebagai agensi penulis. Karena situs saung writer sendiri adalah platform yang menyediakan jasa konten untuk para usahawan yang memiliki kepentingan akan konten. Sebagai penulis lepas disini kamu akan mendapatkan bagi hasil sesuai tingkatan kemampuan menulis.


Rancah


Situs yang akan membayar konten artikel satu ini cukup terkenal dikalangan para penulis lepas. Untuk menjadi penulis lepas di Rancah, kamu hanya perlu mendaftar pada situs tersebut.



Nongkrong


Seperti namanya, situs ini dibuat untuk tujuan bersenang-senang. Oleh karena itu konten pada situs Nongkrong di dominasi dengan konten berupa hiburan. Kamu tertarik untuk menkadi penulis lepas disana?


Vebma


Sama seperti Rancah, Vebma pun sudah ada sejak bertahun-tahun silam. Menjadi penulis lepas di Vebma pun tidak terlalu sulit, cukup mendaftar dan mengirim tulisan.


Androbuntu


Jika kamu penulis lepas yang berkecimpung dibidang  IT atau memiliki segudang informasi seputar android dan teman-temannya, maka kamu dibutuhkan untuk mengisi konten disini. 


Digtraksi


Selain memiliki banyak kategori, situs ini kabarnya juga membayar konten hasil karya para penulis lepas.


Basa Basi


Merupakan salah satu situs yang wajib dikunjungi oleh para penulis naskah. Loh kenapa? Karena BasaBasi menjanjikan honor yang cukup menggiurkan, loh!


Geotimes


Situs yang terbuka untuk membahas seputar agama, politik dan banyak macamnya ini juga membuka peluang bagi penulis konten untuk bergabung loh! Caranya pun cukup mudah. 


Alif


Kamu suka menulis tentang keagamaan? Cocok! Bergabunglah menjadi penulis konten di Alif! Situs ini menerima naskah bertemakan keagamaan dan budaya.


Nulis


Sama seperti Saung Writer, Nulis Id pun bisa dikatakan sebagai agensi penulis konten. Situs ini pun menamai dirinya sebagai platform tempat berkumpulnya para penulis konten untuk mengasah diri dalam membuat artikel, loh! Jadi sudah pasti dibayar kalau menulis disini!


Buruan


Kamu suka menulis puisi? Buruan kirim puisi kamu ke situs ini! Yups! Berbeda dari kebanyakan platform, buruan lebih fokus untuk menerbitkan konten berupa puisi. Eits! Namun, Buruan pun jiga menerima naskah cerpen, resensi dan masih banyak lagi lainnya.


Getcraft


Dibanding dengan sebutan agensi, Getcraft lebih pantas disebut dengan tempat bertemunya pencari konten dengan penyedia konten. 


Mojok


Sama sesuai namanya, meski Mojok berisi konten politik, sosial dan masih banyak lainnya, namun tetap dibawa santai seperti berada dipojokan. Dengan bayaran yang cukup 'Wah' dan cara pengiriman naskah yang mudah, tentu Mojok pantas menjadi idola para penulis konten.


Jalan Tikus


Tidak seperti namanya, Jalan Tikus justru membahas tentang isu kekinian seputar teknologi. Jadi untuk kamu penulis konten yang ingin membahas isu seputar teknologi, bisa kirim naskah kamu kesini ya!


Kotomono


Situs kekinian yang juga membahas seputar kuliner dan budaya asing ini cocok banget buat kamu penulis konten yang berjiwa muda, loh! Pembayaran dan pendaftarannya pun tidak sulit. Mari kita coba!


Harakatuna


Sama seperti Alif, Harakatuna juga merupakan situs media dakwah yang mengangkat isu tentang keagamaan. Harakatuna pun tidak main-main perihal honor, loh!


Ideide


Bagi kamu penulis konten yang senang membuat karya berupa cerpen atau puisi, coba deh cek IdeIde! Untuk setiap karya yang diterbitkan, kamu berhak menerima honor yang lumayan.


DDTC News


Berbeda dengan kebanyakan situs, DDTC News lebih sering menerima naskah berupa opini tentang perpajakan. Namun honor yang dijanjikan juga setimpal. Jadi kalau kamu paham tentang pajak dan ingin beropini, segera deh kirimkan opini kamu ke situs DDTC News!


Mongabay


Kalau DDTC News membahas seputar pajak, lain halnya Mongabay yang lebih membahas seputar lingkungan. Jadi, situs ini memang sangat cocok untuk penulis konten yang berkecimpung di bidang bersangkutan.


Selain situs-situs yang telah disebutkan diatas, berikut lowongan freelance penulis novel.


  • Noveltoon
  • Fizzo
  • Wattpad
  • Dreame
  • Novelme


Itulah beberapa lowongan kerja penulis online yang valid tahun ini. Apa kamu sudah putuskan mau kirim konten kemana? Atau mau lihat kerja sampingan online lainnya? 









Posting Komentar untuk "+25 Lowongan Penulis Lepas Valid 2023 Beserta Tipsnya!"