Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngekos Itu Gimana Sih? Rahasia Ngekos Kekinian! Rugi Kalau Gak Tahu

 

Ngekos Itu Gimana Sih?




Kenny Markin Media - 'Ngekos itu gimana sih?' pertanyaan yang pasti akan keluar dari mulut kamu, jika kamu berfikir tentang resiko merantau dan skill yang harus dimiliki perantau. Dan tak berbeda jauh dengan merantau, ngekos pun memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri. 


Ngekos Itu Gimana Sih? Ini Loh Bahaya Ngekos Yang Harus Kamu Tahu!


Mudah Sakit

Seseorang yang memilih untuk ngekos biasanya adalah seorang mahasiswa atau pekerja. Dengan kata lain mereka memiliki kesibukan yang akan banyak memakan waktu mereka. 


Oleh karena itu, tak jarang seseorang mulai mengalami penurunan kesehatan setelah merasakan ngekos. Kok bisa? Hal itu biasanya karena kurang disiplinnya dalam hal asupan. 


Dibutuhkan kedisiplinan, tenggat waktu beradaptasi dan fisik yang tidak gampang sakit untuk bertahan di kosan. Jadi ngekos itu gimana sih? Ngekos itu tidak disarankan bagi kamu yang gampang sakit.


Terlalu Tertutup


Ngekos itu gimana sih? Ngekos itu berarti kamu harus membiasakan diri bertemu dan hidup berdampingan dengan orang lain, bahkan dengan makhluk lain, eh bercanda.


Jadi, sifat terbuka dan gampang bergaul sangat dibutuhkan dalam kehidupan ngekos kamu. Bayangkan Jika kamu terlalu tertutup, orang lain akan enggan berkenalan dan berbicara dengan kamu.


Terlalu Terbuka


Meskipun kamu dilarang untuk terlalu tertutup, bukan berarti kamu juga harus terlalu terbuka, ya! Jadi, ngekos itu gimana sih? Kamu harus pandai membaca keadaan, kapan harus menjadi orang yang terbuka? Dan kapan harus menjaga privasi?


Bahaya ngekos bagi si easy going adalah terlalu terbuka. Entah memang tidak sadar atau tidak tega. Terlalu seringnya menjadikan kamar kosan sebagai basecamp, merupakan salah satu contoh kalau kamu kurang menjaga privasi.


Boros


Ngekos itu gimana sih? Ngekos itu adalah di mana kamu hidup jauh dari rumah dan orang tua, dengan kata lain kamu harus bisa mengatur keuangan kamu sendiri.


Jika biasanya ketika ingin membeli sesuatu kamu harus mendapatkan izin dari keluarga, selamat! kini kamu tidak memerlukan izin itu lagi. Terlebih jika itu adalah uang hasil kerja keras kamu sendiri. Wah enak ya?! Gak juga! Jadi ngekos itu gimana sih?


Kamu bisa dapat kebebasan itu saat ngekos, namun kebebasan bisa juga jadi bumerang buat kamu. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih mana yang penting dan mana yang kurang penting untuk dibeli. Bagi kamu yang boros ngekos cukup berbahaya, ya!


Tidak Bertanggung Jawab


Ngekos itu gimana sih? Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, ngekos akan membawa kamu ke dalam kebebasan. Kamu bebas menggunakan uang kamu, bebas melakukan apapun yang kamu ingin dan masih banyak lagi.


Hal yang menyenangkan bukan? Eit! Jangan salah itu bisa jadi Boomerang buat kamu. Jadi ngekos berbahaya untuk kamu yang kurang bertanggung jawab.


Tidak Konsisten


Ngekos itu gimana sih? Ngekos itu bahaya banget buat kamu yang moodyan dan tidak konsisten. Bayangkan! Hidup sendiri di perantauan tanpa ada aturan namun tidak bisa mengelola mood sendiri? 


Tidak Bisa Mengatur Waktu


Kalau kamu masih belum bisa mengatur waktu, lebih baik kamu pikir dua kali untuk ngekos deh. Loh kok gitu? Emang ngekos itu gimana sih? Iya! Karena di kosan yang akan mengingatkan kamu akan waktu hanyalah diri kamu sendiri dan alarm.


Ngekos Itu Gimana Sih? Manfaat Ngekos Juga Banyak Loh!


Ngekos itu Gimana sih? Apa cuman ada bahayanya saja? Tentu tidak! Ngekos pun memiliki beberapa manfaat. Manfaat ngekos sendiri antara lain :


Hemat Waktu


Dibanding memilih untuk pulang pergi ke rumah, ngekos kamu bisa buat kamu lebih menghemat waktu ke kantor atau kampus. Bukan hanya itu kamu juga bisa hemat tenaga ongkos dan bensin, loh! Jadi kalo ditanya 'ngekos itu gimana sih?' Jawabannya pasti irit ongkos dan waktu!


Produktif


Nah, waktu yang kamu hemat bisa kamu gunakan untuk hal yang lebih produktif, bukan? Jadi ngekos itu gimana sih? Ngekos itu bisa bikin kamu lebih produktif kalau kamu disiplin. Hal itu karena dengan berkurangnya waktu yang kamu perlukan untuk dijalan.


Ngekos Itu Gimana Sih? Bisa Perluas Relasi Gak?


Tentu saja bisa! Bayangkan! Kalau biasanya kamu hanya kenal orang rumah dan teman pulang pergi saja, dengan ngekos, kamu bisa punya teman dari daerah lain yang akan jadi teman hidup kamu selama di kosan, loh!


Mandiri 


Lagi-lagi ngekos itu gimana sih? Ngekos adalah keadaan dimana kamu dipaksa mandiri. Se-malas dan se-manja apapun kamu sebelumnya, naluri kamu akan memaksa kamu untuk mandiri supaya dapat bertahan hidup.


Lalu bagaimana jika masih belum mandiri? Maka akan dipastikan kamu gak akan tahan berlama-lama ngekos dan merantau. Jadi menurut kamu, ngekos itu gimana sih?


Ngekos Itu Gimana Sih? Ngekos Itu Bikin Kreatif!


Tinggal sendiri di ruangan yang tidak terlalu besar tentu membuat kamu bosan. Sehingga muncul ide-ide kreatif entah di bidang apapun itu. Entah tiba-tiba kamu berfikir untuk menghias kamar, membuat cerita lewat tulisan atau gambar dan bentuk kekreatifan lainnya.


Mungkin juga kamu berfikir untuk mencari tambahan aktifitas, entah yang menghasilkan ilmu atau bahkan juga menghasilkan uang. Bisa saja tiba-tiba kamu berfikir tentang kerja sambilan di malam hari kan?


Berani


Hidup sendiri di perantauan, kepada siapa lagi kamu berlindung kalau bukan kepada diri kamu sendiri? Ngekos itu gimana sih? Ngekos dan merantau sendiri membuat kamu jadi lebih berani menghadapi kenyataan hidup. 


Mengenal Diri


Ngekos itu gimana sih? Dengan ngekos kamu jadi lebih punya waktu dengan diri kamu sendiri. Bukan hanya itu, kamu juga jadi lebih bebas berekspresi dan berkreasi tanpa harus memikirkan orang lain, karena kamu sedang sendiri.


Oleh karenanya, kamu jadi lebih punya banyak waktu untuk mengetahui segala tentang diri kamu sendiri. Mulai dari hal yang kamu suka, hal yang bisa memotivasi kamu hingga hal yang paling kamu benci.


Lebih Fokus. Kok Bisa? Emang Ngekos Gimana Sih?


Apakah kamu sering kali terganggu dalam melakukan aktifitas didalam rumah? Ingin fokus ngerjain tugas, terganggu dengan aktifitas orang rumah lainnya. Nah! Manfaat ngekos lainnya adalah kamu bisa lebih fokus.


Hah? Kok bisa? Tentu saja! Hal itu lagi-lagi karena kamu tinggal sendiri. Bagaimana cara kamu untuk fokus, bisa kamu atur sendiri tanpa ada siapapun yang ganggu. Tapi pastikan kamu sudah bayar kosan ya!



Melatih Sikap


Ngekos itu gimana sih? Ada beberapa pengakuan dari perantau bahwa sejak ngekos dia tidak takut lagi menghadapi kecoa. Ada lagi pengakuan dari perantau lainnya, bahwa dia mulai bisa masak sejak menjadi anak kost. Hebat bukan?!


Ketika dirumah, kita dibantu menghadapi dan melakukan beberapa hal. Sehingga ada beberapa hal yang kita tidak bisa lakukan dan hadapi sendiri selama ini. Namun dengan ngekos, kamu bisa tahu hal tersebut dengan mencoba.


Pintar Mengatur Uang


Menjadi kesamaan hampir setiap perantau atau anak kost, bahwa keinginan dan kebutuhan akan selalu meningkat. Namun berbeda dengan pendapatan. Entah pendapatan dari kiriman orang tua, ataupun dari hasil keringat pribadi.


Oleh karena itu, kemampuan manajemen uang memang sangat diperlukan demi kelangsungan hidup anak kosan. Dan semakin terbiasanya kamu mengatur uang, maka kemampuan manajemen keuangan pribadi kamu akan lebih baik. 


Jadi, bagi kamu ngekos itu gimana sih?


Posting Komentar untuk "Ngekos Itu Gimana Sih? Rahasia Ngekos Kekinian! Rugi Kalau Gak Tahu"