Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Mengembang yang Wajib Ladies Tahu!

 


Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang seperti singa (Pexels - Frans VH)



Kenny Markin Media - Rambut lembut dan sehat merupakan list impian semua orang, baik pria maupun wanita. Namun, sayangnya saat rambut kusut menghantui tidak semua orang tahu bagaimana cara melembutkan rambut kasar dan mengembang kembali.


Jadi sebenarnya bagaimana cara agar rambut tidak kaku? Sst! Tenang! Ada berbagai macam cara melembutkan rambut yang sesuai dengan ekspetasi kamu. Mari simak baik-baik cara berikut ini. 


Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang :  perawatan sehari-hari 


Menggunakan shampo yang tepat


Menggunakan shampo yang tidak sesuai menyebabkan kerusakan rambut, yang tentunya membuat rambut menjadi kasar dan mengembang.


Ketahui terlebih dahulu jenis rambut apa yang ladies miliki saat ini. Setelah tahu jenisnya, kamu bisa mencari produk shampo yang tepat untuk memperbaiki kualitas rambut. 


Jangan terlalu sering keramas


Pada hakikatnya keramas dilakukan untuk membersihkan rambut dari kotoran maupun debu. Namun tahukah kamu bahwa terlalu sering keramas justru berbahaya untuk kesehatan rambut? Hah? Masa?!


Keramas yang dilakukan setiap hari dapat merusak struktur rambut dan menghambat pertumbuhannya, termasuk mengurangi 'jatah' minyak alami. Dan hal itulah yang membuat rambut menjadi kaku serta mengembang.


Menggunakan conditioner


Keramas bisa kamu lakukan saat rambut benar-benar dalam kondisi kotor. Lalu gunakan conditioner dua kali dalam seminggu setelah keramas. Penggunaan conditioner dapat menghindarkan kamu dari rambut yang kaku dan susah diatur. 


Gunakan hair mask


Cara melembutkan rambut kasar seperti ijuk? Tenang, ladies bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan hair mask secara rutin. Rambut akan lebih halus dan lembut. 


Jangan mengikat rambut kencang


Percaya deh! Dengan terlalu sering mengikat rambut terlebih saat kondisi rambut masih basah justru akan membuatmu lagi-lagi mencari tahu bagaimana cara melembutkan rambut kasar dan mengembang.


Tapi tenang!  Kamu masih boleh mengikat rambut pada momen-momen tertentu, seperti memasak, belajar atau situasi genting lainnya kok.


Hentikan penggunaan mesin penata rambut


Mesin penata rambut sangat tidak dianjurkan untuk digunakan terus menerus. Catok atau hair dryer membuat Kesehatan rambut menurun.


Rambut yang dicatok bisa patah-patah, rusak, rontok, kaku, dan bercabang. Mending pelan-pelan tidak menggunakan mesin penata rambut. 


Menyisir perlahan


Siapa sangka, ternyata menyisir rambut secara perlahan bisa melembutkan rambut kasar dan mengembang juga loh! Biasanya, saat kamu menyisir rambut terlalu keras akan membuatnya terlihat kusut dan susah diatur, lagi pula itu akan menyakitimu bukan?


Mencuci dengan air dingin | cara melembutkan rambut kasar dan mengembang termudah


Meski menyegarkan, namun menggunakan air hangat saat membilas rambut ternyata tidak dianjurkan loh! Sebaiknya bilas rambutmu  dengan air dingin agar rambut menjadi terasa halus dan lembut. 


Jangan menggosok terlalu kasar


Setelah keramas biasanya rambut dikeringkan menggunakan handuk. Nah siapa nih yang suka menggosok rambut dengan terlalu kasar? Rambut yang digosok secara kasar menggunakan handuk akan rontok dan menggumpal loh.


Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang : racikan bahan alami


Kopi


Kopi campur shampo bisa melembutkan rambut kusut, kaku, dan mengembang. Caranya campurkan sedikit shampo dengan bubuk kopi hitam, gosokkan ke rambut perlahan sambil dipijat. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas.


Minyak zaitun


Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin E, vitamin ini berperan baik untuk menjaga Kesehatan rambut. 


Oleskan minyak zaitun tersebut ke seluruh permukaan rambut dan diamkan dalam waktu 10 menit selanjutnya bilas hingga bersih. 


Minyak kelapa


Rambut kasar tidak karuan? Cara agar rambut lembut dan jatuh dengan bahan alami cukup gunakan minyak kelapa. 


Usapkan minyak dari pangkal hingga ujung, berikan stimulasi pijatan sedikit. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci dengan shampo melembutkan rambut. 


Lidah buaya | cara melembutkan rambut kasar dan mengembang paling populer


Tentu kamu sering melihat iklan bertuliskan 'Aloe Vera' bukan? Yap! Nutrisi yang terdapat pada lidah buaya sudah terkenal diberbagai negara termasuk Korea Selatan. Jadi penasaran, apa Cha Eunwoo juga menggunakan lidah buaya?


Nah kalau di Indonesia kebiasaan memisahkan daging lidah buaya dengan kulit luarnya sudah menjadi ritual turun temurun dibeberapa keluarga. Hah? Masa?! Yap.! Setelah dipisah, langsung oleskan saja ke rambut. Bisa untuk melentikkan dan menumbuhkan bulu mata juga loh!


Alpukat


Buah yang terkenal dikalangan juice lover ini ternyata bukan hanya lembut dilidah saja loh! Buah alpukat bisa menjadi cara melembutkan rambut kasar dan mengembang berkat kandungan asam amino didalamnya.


Pemakaiannya bisa dengan cara menumbuk alpukat dan minyak kelapa hingga tercampur lalu diamkan 30 menit setelah dioleskan pada rambut. Mudah bukan?


Pisang


Pisang memiliki nutrisi yang bagus untuk rambut. Kamu bisa menumbuk daging pisang dan mengoleskan ke seluruh helai rambut. Tapi jangan lupa membersihkannya setelah 15 menit ya! Kalau tidak kepalamu bisa di keroyok semut.


Madu


Sudah cuci rambut? Balurkan madu ke rambut tersebut lalu diamkan dalam waktu singkat dan bilas bersih juga merupakan cara melembutkan rambut kasar dan mengembang loh! Buktikan!


Seledri


Nutrisi yang ada di dalam seledri bisa melembutkan rambut secara alami serta permanen. Ladies bisa menggunakan air rebusan seledri sebagai cara melembutkan rambut kasar dan mengembang. 


Kemiri


Kemiri memang merupakan kunci utama menghitamkan rambut. Namun, siapa sangka kalau mengoleskan kemiri pada rambut merupakan cara melembutkan rambut kasar dan mengembang juga. Jangan lupa sambil dipijit ladies! Biar rileks.


Pilihan Editor

Rekomendasi Sarapan Pagi Gak Bikin Kantong Jebol


Jeruk nipis


Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C. Rambut kaku, kasar, dan mengembang akan terentaskan saat ladies mengoleskan air jeruk ke rambut dalam beberapa menit. 


Ladies bisa mempraktikkan beberapa cara melembutkan rambut kasar dan mengembang di atas. Dengan mempraktikkan beragam cara, kondisi rambut kamu akan kembali normal. 



Posting Komentar untuk "19 Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Mengembang yang Wajib Ladies Tahu!"