Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perempuan Naik Motor? Ini Tips Agar Tidak Diremehkan


Kennymarkin.com



Dewasa ini, jumlah perempuan yang mengendarai sepeda motor terus bertambah. Hal tersebut dikarenakan banyaknya aktivitas yang mengharuskan perempuan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa mengandalkan suami, orang tua ataupun orang lain.


Dengan kata lain, para wanita yang dapat mengendarai kendaraan terutama motor, dinilai memiliki daya tarik tersendiri.


Baca juga : Wanita Bawa Motor


Namun ternyata tak hanya kekaguman semata, tidak sedikit perempuan yang mengendarai motor justru di cap buruk dimata masyarakat terutama kaum laki-laki.


Pasalnya, wanita sering dinilai serampangan dalam mengendarai kendaraan tersebut. Kurang kesadaran dan kurangnya rasa peka yang kerap kali menjadi alasan serampangan wanita saat mengendarai motor.


Oleh sebab itu, berikut tips mengendarai motor bagi wanita agar tidak diremehkan dan tidak dinilai serampangan



Bisa Mengendarai


Yang paling penting saat mengendarai sebuah kendaraan adalah bisa mengendarai kendaraan itu sendiri. Bisa karena biasa, dan biasa berawal dari belajar.


Jadi, jangan pernah kamu memaksakan untuk mengendarai motor jika belum pernah belajar mengendarai motor.


Kamu bisa belajar mengendarai motor dari orang terdekat maupun mengikuti kursus mengendarai motor yang kamu percaya.


Kelengkapan


Setelah dinyatakan bisa membawa motor, maka langkah selanjutnya adalah mengikuti serangkaian tes untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi atau yang biasa disebut dengan SIM. 


Jangan lupa  membawa tanda pengenal berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM dan Surat Tanda Naik Kendaraan atau yang biasa disingkat menjadi STNK kemanapun berkendara.


Dan yang tidak kalah penting, perhatikan juga kondisi motor. Pastikan pajak kendaraan tersebut tidak dalam kondisi mati, knalpot tidak berasap tebal dan tidak membuat kebisingan.



Helm


Selalu gunakan helm ketika mengendarai sepeda motor meskipun jarak perjalanan yang ditempuh tidak terlalu jauh.


Karena seperti yang sudah saya ditulis diartikel '9 Barang Wajib Wanita Bawa Saat Berpergian Menggunakan Motor', begitu banyak manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan helm.


Sein


Lampu sein kerap kali dijadikan bahan kaum pria meremehkan wanita yang mengendarai motor. Pasalnya, beberapa wanita seringkali mengabaikan aturan ini.


Mereka menghidupkan lampu sein sebelah kanan namun berbelok ke sebelah kiri. Padahal lampu sein sebenarnya berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada pengemudi lain bahwa kita akan berbelok ke arah yang sesuai dengan nyalanya lampu sein tersebut.


Dengan kata lain, ketika seseorang hendak berbelok ke kiri, maka lampu sein yang seharusnya dinyalakan adalah yang sebelah kiri pula bukan justru sebaliknya. 



Spion


Salah satu fungsi dasar spion adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi melihat keadaan dibelakang melalui pantulan kaca tanpa harus menoleh kebelakang.


Namun melihat spion terus menerus sangat tidak dianjurkan karena khawatir akan terjadinya kecelakaan.


Melihat spion terlebih dahulu saat hendak mendahului atau berbelok sangat dianjurkan guna menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

 


Penampilan


Penampilan memanglah cukup penting bagi kebanyakan wanita. Maka dari itu, tidak heran bila penampilan selalu diperhatikan di setiap kondisi termasuk saat berkendara.


Namun sayangnya tidak semua gaya fashion bisa disandingkan dengan keselamatan saat berkendara. Seperti seringkali terlihat beberapa wanita menggunakan rok dan high heels saat berkendara.


Padahal hal tersebut dapat mengancam keselamatan pengendara itu sendiri dan pengendara lainnya. Tipsnya bagi wanita yang menggunakan rok saat berkendara adalah memastikan bahwa rok tidak menghalang rentang kaki dan tidak berkibar ke arah belakang.


Rok yang terlalu sempit biasanya akan menghalang rentang kaki sehingga mengganggu keseimbangan saat motor akan berhenti.


Sedangkan rok yang terlalu lebar biasanya akan berkibar hingga ke bagian belakang motor yang dikhawatirkan masuk ke sela jari-jari pada roda motor.


Jika terpaksa menggunakan rok yang lebar saat mengemudikan motor, pastikan sedikit angkat dan duduki beberapa bagian rok.


Sekian beberapa tips mengendarai motor bagi wanita agar tidak diremehkan dan tidak dinilai serampangan oleh kaum pria, jika kamu ada tambahan, bisa share di kolom komentar.

Silahkan bagikan agar lebih bermanfaat


2 komentar untuk "Perempuan Naik Motor? Ini Tips Agar Tidak Diremehkan"

  1. pria juga banyak yang pasang sen kemana, eh beloknya kemana..

    tapi ini bermanfaat banget buat para cewek sih..

    BalasHapus