Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Barang Wajib Wanita Mandiri Bawa Saat Berpergian Menggunakan Motor



Barang Wajib Wanita Mandiri Naik Motor
Barang Wajib Wanita Naik Motor


Meski mengendarai motor bukanlah hal yang wajib bagi seorang perempuan, namun bisa menaiki motor sendiri adalah nilai tambah yang dapat memberikan kebanggaan tersendiri dan berbagai macam manfaat seperti yang sudah saya simpulkan di 'Wanita Bisa Naik Motor, Wajibkah?' sebelumnya.


Namun sekali lagi, mengendarai motor bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan membawa motor.


Berikut 12 barang wajib bagi wanita saat berpergian menggunakan motor.


Surat-Surat


Surat-surat yang dimaksud disini bukanlah surat biasa melainkan surat-surat penting yang menyatakan seseorang diperbolehkan untuk menaiki atau mengendarai sepeda motor tersebut.


Dua surat terpenting adalah Surat Tanda Naik Kendaraan yang biasa disingkat menjadi STNK dan Surat Izin Mengemudi yang biasa disingkat menjadi SIM. Selain dua surat diatas, alangkah lebih baik kita juga membawa identitas diri lainnya seperti KTP yang merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk.


Alat Komunikasi


Meskipun mengoperasikan alat komunikasi seperti handphone sangat dilarang ketika sedang mengendarai kendaraan, namun bukan berarti kita meninggalkan HP yang merupakan singkatan dari handphone tersebut di rumah atau tempat lainnya.


Mengantongi HP kemanapun akan memudahkan kita menghubungi teman atau keluarga dan sebaliknya. Kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya bukan? Jadi, jangan tinggalkan hp-mu terlebih didalam lemari.


Jas Hujan


Dengan cuaca yang kian hari semakin tak menentu, jas hujan adalah barang wajib yang harus selalu ada didalam jok motor. Jangan keluarkan dan tinggalkan jas hujan meskipun cuaca sedang panas terik.


Seperti yang  diketahui, terkadang hujan pun datang disaat langit sedang sangat cerah. Bila perlu sediakan dua jas hujan didalam jok motor bila kita sering menggonceng seseorang menggunakan motor.


Jas hujan pun sudah banyak dijual dipasaran dengan harga mulai Rp. 15.000 hingga ratusan ribu tergantung jenis bahannya. Alangkah lebih baik membeli jas hujan dengan bahan seperti daun talas walau harga sedikit lebih mahal, namun bisa digunakan dalam jangka panjang.


Helm


Kemanapun kita akan pergi menggunakan motor, selalu biasakan memakai helm. Karena tidak ada yang tahu dimana kecelakaan akan terjadi.


Selain melindungi kepala dari benturan benda keras, helm juga melindungi telinga supaya tidak pengang karena dilalui oleh angin. Kaca helm pun bisa melindungi mata kita dari kelilipan.


Tidak usah khawatir tentang kepemilikan helm karena ketika melakukan pembelian motor biasanya juga akan mendapatkan sebuah helm. Belilah helm dengan Standar Nasional Indonesia atau yang biasa bertuliskan SNI.


Jaket


Membawa motor diposisi pengemudi membuat perempuan lebih rentan terhadap terpaan angin, oleh sebab itu menggunakan jaket merupakan salah satu hal wajib ketika mengendarai motor.


Selain melindungi diri dari terpaan angin, memakai jaket pun membuat baju yang wanita kenakan lebih teratur dan terhindar dari debu serta polusi lainnya yang berada dijalan.


Memilih jaket pun tidak boleh sembarangan, selain dilihat dari segi fashion, pilihlah jaket yang berbahan windproof.



Sarung Tangan


Hal yang terkesan sepele namun nyatanya sangat dibutuhkan terutama bagi kaum wanita pengendara motor. Pasalnya, mengendarai motor diposisi pengemudi membuat tanganmu diterpa oleh angin bercampur debu secara langsung, belum lagi sengatan sinar matahari yang bisa berkontribusi membakar kulit tanganmu.


Jadi selalu gunakan sarung tangan agar tanganmu tidak kian menggelap setiap harinya.


Kacamata Hitam


Walau terkesan berlebihan atau pamer, penggunaan kacamata hitam ternyata sangat berguna saat berkendara ditengah teriknya matahari.


Dibanding memakai helm berkaca gelap yang akan membuatmu kerepotan saat pergantian cuaca, menggunakan helm berkaca putih dan kacamata hitam akan lebih membantu.


Ketika cuaca terik kamu bisa menggunakan kacamata hitam sambil berkendara menggunakan motor dan ketika tiba-tiba cuaca mendung, kamu bisa melepaskan kacamatamu, mudah bukan?


Alas Kaki


Tak berbeda jauh dengan penggunaan sarung tangan dan jaket, alas kaki sangat wajib kamu gunakan ketika berpergian menggunakan apapun termasuk menggunakan motor. Alangkah lebih baik bagi wanita membawa motor dengan menggunakan sepatu yang tertutup sempurna tanpa hak.


Namun untuk alasan penampilan, memang akan lebih nyaman dan enak dipandang menggunakan sendal terutama yang membuat terlihat tinggi. Namun penggunaan higheels cukup membahayakan wanita pengendara motor.


Untuk itu, jika memang diharuskan menggunakan sendal atau sepatu yang tinggi, sebaiknya menggunakan sendal atau sepatu berjenis wedges. Selain itu bila memang terpaksa memakai sendal pun sebaiknya gunakan juga kaos kaki sebagai lapisan pelindung debu dan polusi agar kaki tidak belang.


Baca juga : Ciri Wanita Mandiri, kamu termasuk?


P3K dan Barang Darurat


Tidak sedikit yang mengabaikan membawa alat pertolongan pertama. Tidak harus lengkap, minimal membawa plester luka dan obat pusing akan sangat membantu siapapun disaat genting. Cukup taruh barang-barang tersebut yang tidak terlalu besar di jok motor, maka jika suatu saat diperlukan akan sangat membantumu.


Dompet & Uang


Memiliki dompet akan sangat membantumu dalam menyimpan uang, berbagai kartu dan surat-surat penting seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya.


Namun bila tidak membawa dompet, kamu bisa memanfaatkan kantong jaket untuk menyimpan uang, SIM, STNK, kartu atm dan handphone.


Beauty Care


Kekurangan dari naik motor bagi wanita adalah mudahnya terpapar debu dan polusi udara lainnya. Oleh karena itu, setidaknya sabun cuci muka, pelembab, sunscreen, tisu basah, tisu kering, lipstik dan minyak wangi sangat disarankan berada ditas ataupun di jok motor.


Meskipun wanita lebih baik bisa mengendarai motor sendiri, namun kenyataannya membawa motor bagi perempuan ataupun laki-laki memang tidak bisa sembarangan.


Selain barang-barang wajib diatas pun, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi wanita pengendara motor agar tidak diremehkan

Semoga bermanfaat, silahkan share via medsosmu

Terimakasih

Posting Komentar untuk "9 Barang Wajib Wanita Mandiri Bawa Saat Berpergian Menggunakan Motor"