Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memutihkan Baju Putih: Warna Kembali Kinclong Dalam Sekejap!


Cara Memutihkan Baju Putih (Photo by Tú Nguyễn paxel)



Kenny Markin Media - Memiliki baju putih memang tidak mudah dalam perawatan. Pasalnya, baju putih akan cepat menguning dan kusam apabila diperlakukan seperti biasa. Lantas bagaimana cara memutihkan baju putih yang sudah terlanjur menguning?



Ada beberapa cara membersihkan baju putih, mulai dari menggunakan deterjen pemutih, sampai bahan alami yang sering kita jumpai di dapur.



Namun sayangnya, sebagian dari kamu pasti memilih membeli baju baru ketimbang merawatnya. Hal ini karena kamu beranggapan baju putih yang sudah terlihat kusam dan menguning tidak bisa menjadi kinclong.



5 Cara Memutihkan Baju Putih yang Terbukti Aman



Cara memutihkan baju putih yang paling mudah tentu dengan deterjen pemutih. Pasalnya, berbagai merk deterjen mengklaim bisa mengubah baju putih yang kusam kembali menjadi putih bersih. Namun kita pasti setuju, tidak semua jenis deterjen aman jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.



Dampaknya, baju akan semakin rapuh akibat terkontaminasi berbagai unsur kimia, sehingga baju putih mudah sobek. Tanda ini sebenarnya sudah bisa kita rasakan, contohnya ketika tangan terasa panas saat kontak langsung dengan deterjen.



Nah, untuk mencegah kerusakan serta memelihara baju putih, berikut ini beberapa cara memutihkan baju putih yang terbukti bisa mengembalikan warna putih bersih dengan aman:



1. Memutihkan Baju dengan Sitrun



Sitrun bisa dikatakan sejenis dengan lemon. Kandungan asam yang kuat bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda pada baju putih secara alami.



Cara memutihkan baju putih dengan sitrun juga sangat simple, hanya dengan meneteskan sitrun pada noda. Dengan begitu akan mengakibatkan noda kotor mudah dibersihkan tanpa merusak bahan baju itu sendiri.



2. Menggunakan Cuka



Secara umum, cuka memang sudah dikenal manfaatnya untuk membantu menghilangkan noda pada pakaian. Maka dari itu, kamu bisa memutihkan baju putih dari noda kotor menggunakan cuka.



Dengan mencampurkan cuka (1/2 cangkir) dan perasan lemon (1/4 cangkir) dalam rendaman baju, maka sudah dipastikan baju putih akan kembali kinclong dalam sekejap!



3. Memakai Baking Soda



Percayakah kamu? Bahwa selain sebagai salah satu cara memutihkan gigi kuning yang membandel, baking soda jiga bisa sebagai cara memutihkan baju putih, lho!


Baking soda memiliki kandungan natrium bicarbonate, yang memiliki sejuta manfaat, tak terkecuali memutihkan baju putih dari noda kuning yang membandel.



Campurkan baking soda dalam mesin cuci. Maka, baju akan lebih bersih dan jauh lebih segar mengingat baking soda juga bermanfaat sebagai penyegar udara.



4. Aspirin



Aspirin atau asam asetilsalisilat adalah obat turunan dari salisilat yang sering digunakan sebagai obat sakit kepala. Loh apa hubungannya dengan cara memutihkan baju putih?



Pasalnya, kandungan asam salisilat juga bisa digunakan untuk mencerahkan kain. Untuk memutihkan baju, setidaknya kamu membutuhkan 10 tablet aspirin, dan larutkan dalam 3,7 liter air panas.



Rendam pakaian dalam cairan aspirin, biarkan hingga benar-benar meresap. Selanjutnya cuci seperti biasa. Dengan begitu, baju putih akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari kusam dan noda kuning.



5. Cuci Dengan Jeruk Purut



Setelah sebelumnya kita memakai sitrun, cara memutihkan baju putih selanjutnya yaitu merendam dengan perasan jeruk purut. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, namun tidak jarang yang tidak tahu apa itu sitrun.



Jeruk purut juga memiliki kandungan asam yang bisa mengangkat noda pada pakaian. Cara pengaplikasianya juga cukup mudah yaitu rebus air secukupnya, dan campurkan perasan jeruk purut hingga kulitnya.


Baca juga : Cara Mengatasi Grogi yang Sering Dilupakan


Kemudian air tersebut digunakan untuk merendam baju putih yang sudah kusam atau menguning, diamkan dan cuci seperti biasa.

1 komentar untuk "Cara Memutihkan Baju Putih: Warna Kembali Kinclong Dalam Sekejap!"

  1. Wah makasih tutorialnya kak, sepertinya harus aku coba satu persatu nih buat mutihin jubahku yang sudah agak kusam

    BalasHapus