Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengejar Beasiswa 2 ; 13 Persiapan Epic Sebelum Mengajukan Beasiswa Kuliah

Di zaman penuh dengan teknologi mutakhir ini, pendidikan memanglah menjadi prioritas sebagain besar orang . Bukan hanya sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas saja, bahkan perguruan tinggi pun kerap menjadi incaran.


Sayangnya, seringkali ekonomi menjadi penghambat. Sehingga diantara mereka mengurungkan niat untuk mewujudkan mimpi. Sebagian lainnya mencari peluang untuk mendapatkan bantuan serta penghargaan atas prestasinya selama ini untuk mengukir prestasi baru lainnya. Mereka itulah pengejar beasiswa.


Namun kenyataannya, mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan beasiswa? Yuk simak 13 hal dibawah ini


Niat dan Do’a

Luruskan niat sebelum berangkat. Seperti yang kita tahu, beasiswa adalah bantuan sekaligus penghargaan bagi penerimanya. Jadi sebaiknya penerima bantuan adalah orang yang benar-benar membutuhkannya. Jangan menjadikan beasiswa sebagai media pengakuan prestasi atau  ajang pamer belaka. Berdo’alah agar senantiasa dilurusakan niatnya dan dilancarkan jalannya.

Kenali Diri

Hal yang sangat diperhatikan oleh pemberi beasiswa salah satunya adalah minat dan kemampuan. Tanyakan pada diri, ‘Apa minat saya?’, ‘Apa kelebihan saya?’, ‘Apa kekurangan saya?’, ‘Bidang apa nanti yang akan saya tekuni?’, bahkan ‘Jurusan apa yang ingin saya ambil dan tentang apa saya akan belajar nanti?’.

Diskusikan

Jangan sembunyikan! Diskusikan pada orang tua, guru BK, Guru lainnya, staff TU dan teman yang anda percaya. Dengan mendiskusikan rencana masa depan kepada mereka, minimal anda berpeluang mendapatkan do’a. Hal positif lainnya, mereka bisa saja menjadi jembatan informasi bagi anda kelak.

Perbaiki dan Jaga Nilai

Walau hanya sebatas angka dan huruf, pada prakteknya nilai merupakan kesan awal bagi pemberi beasiswa mengenal anda. Pertahankan nilai diatas rata-rata atau dengan predikat baik. Misal, bila range nilai adalah angka dari 1 sampai 10, maka minimal anda harus mempertahankan nilai dengan angka 8. Komunikasikan pada guru yang bersangkutan bila sekiranya nilai anda akan mengalami penurunan. Bila perlu minta remedial atau tugas tambahan guna mempertahankan nilai anda.

Aktif Organisasi

Di organisasi anda akan dilatih kerjasama tim dan jiwa kepemimpinan. Hal tersebut sering kali dinilai oleh pemberi beasiswa. Selain menambah pengalaman dan bahan ‘jual’ saat wawancara, aktif diorganisasi pun bisa menjadi konten menarik di CV dan portofolio anda.

TPA, TOEFL dan IELTS

Hampir setiap pemberi beasiswa pasti memberikan tiga tes ini. Entah itu hanya sekedar meminta sertifikat bukti tes yang harganya tidak murah atau bahkan mengadakan tes secara langsung ditempat yang telah ditentukan oleh pemberi beasiswa. Jadi berlatih tiga tes tersebut sangat penting bagi para pengejar beasiswa kuliah.

Menulis dan Public Speaking

Beberapa pemberi beasiswa kuliah mewajibkan calon penerimanya untuk menulis essay, artikel dan karya tulis lainnya. Kemampuan public speaking pun sangat berguna ketika anda sudah berada di tahap wawancara ataupun presentasi. Dan dua kemampuan ini hanya bisa didapatkan dengan pembiasaan.

Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing terutama Bahasa inggris saat ini sangat dibutuhkan diberbagai aspek. Terlebih bila kelak anda akan bekerja atau mengenyam pendidikan dilingkungan yang didalamnya terdapat orang-orang dengan berbagai Bahasa dan budaya. Dan tidak sedikit pemberi beasiswa menyadari hal ini. Untuk itu, tingkat kemampuan Bahasa inggris anda, baik lisan ataupun tulisan.

Cari dan Pahami

Informasi beasiswa kuliah sekarang sudah bertebaran dimana-mana. Anda bisa mencari informasi tersebut di website resmi para pemberi beasiswa atau bahkan melalui media social. Beruntung bagi anda bila telah melakukan langkah-langkah diatas. Eits, jangan lupa untuk pahami syarat dan ketentuan yang diberikan. 

Alumni

Sekarang sering kali alumni penerima beasiswa kuliah berbagi pengalamannya di blog ataupun media sosial. Anda bisa menjalin pertemanan dengannya dan ber-kepo-kepo ria guna menjadi asupan bagi anda mengejar beasiswa kuliah. 

Susun CV dan Portofolio

Kini tiba saatnya anda menyusun CV dan merapihkan portofolio. Bila anda telah melakukan langkah-langkah diatas, tentu sangat mudah bagi anda mengumpulkan portofolio serta menyusun CV anda semenarik mungkin. 

Fokus

Sesuatu yang berhasil adalah sesuatu yang ditekuni dan diusahakan berulang-ulang. Abaikan segala sesuatu yang kurang penting atau mengganggu.

Gagal?

Tidak ada yang sia-sia termasuk sebuah kegagalan. Jangan menyerah,teruslah mencoba dan jadikan kegagalan sebagai pengalaman berharga anda.


Matangnya persiapan bukan sangat diperlukan bagi para pengejar beasiswa saja. Tapi juga diperlukan diberbagai bidang kerja bahkan diberbagai aspek kehidupan. Jadi, langkah nomor berapa yang sedang anda lakukan saat ini? Ayo ceritakan dikolom komentar.


Akhir kata Kenny ucapakan terimakasih pada pembaca setia, khususnya yang sudah baca seri Pengejar Beasiswa sebelumnya. Dadahhhh…

Posting Komentar untuk "Pengejar Beasiswa 2 ; 13 Persiapan Epic Sebelum Mengajukan Beasiswa Kuliah"