Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbilang Kecil! Segini Gaji Barista dengan Tugas Barista Seperti Ini!

 

kerja sampingan barista adalah tugas barista gaji barista

Kenny Markin Media - Maraknya drama korea yang mengangkat cerita berlatar tempat kafe, menjadikan barista sebagai salah satu pekerjaan yang terdengar keren terutama di kalangan anak muda. Pekerjaan sebagai barista pun bisa dilakoni sebagai pekerjaan full time maupun pekerjaan sampingan, membuat pekerjaan ini semakin banyak peminatnya.

Tidak sedikit yang penasaran seperti apa tugas barista dan berapa gaji barista di cafe. Oleh karena itu, Kenny Markin Media merangkul segala sesuatu tentang barista disini. Mulai dari tugas barista hingga gaji barista di cafe.

Istilah barista sendiri tentu tidak lepas dengan dunia perkopian. Selain itu, barista adalah panggilan bagi pekerja dengan keahlian khusus untuk meracik serta menyajikan minuman berbasis espresso di kafe maupun kedai kopi. Dalam hal peracikan pun barista dilengkapi dengan mesin espresso yang cukup membantu dalam mengekstraksi kopi.

Tugas barista apa?

Bukan hanya meracik dan menyiapkan kopi saja, dengan gaji barista yang sesuai kontrak, menjadi pramuniaga dan kasir pun adalah tugas barista. Bahkan tak jarang barista adalah penanggung jawab kedai kopi atau kafe mulai dari buka hingga tutup toko.

Berapa gaji barista cafe?

Gaji barista di setiap merek atau kafe tentu berbeda-beda. Mulai dari Rp. 1,4jt hingga mengikuti UMK penempatan. Dengan nominal gaji barista demikian, barista berkewajiban stand by di kafe atau kedai kopi mulai dari 8 hingga 12 jam. Dengan jumlah hari kerja 26 hingga 30 hari setiap bulannya.

Syarat Menjadi Barista

Sebenarnya, untuk menjadi seorang barista tentu memerlukan kemampuan khusus yang tidak semua orang punya. Namun hal itu bisa didapatkan dengan training sekitar satu hingga 12 minggu. Durasi pelatihan tergantung kemampuan calon barista dan kebijakan perusahaan.

Bisa dibilang, barista adalah pekerjaan teknik yang membutuhkan pelatihan, terlepas dari apapun latar belakang pendidikan seseorang. Oleh karena itu, barista juga cocok dilakoni oleh lulusan SD sekalipun.

Namun prakteknya, banyak perusahaan yang memberi syarat minimal pendidikan untuk menjadi seorang barista. Saat ini lowongan kerja untuk menjadi barista menargetkan lulusan SMA sebagai syarat minimal pendidikan. Bahkan beberapa perusahaan pun menerapkan lulusan sarjana sebagai syarat menjadi barista.

Apa yang harus dimiliki seorang barista?

Kemampuan meracik kopi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, barista adalah pekerjaan meracik kopi. Oleh karena itu, kemampuan meracik kopi tentu menjadi sesuatu yang harus dimiliki calon barista. Namun hal itu bisa didapatkan dengan pelatihan.

Komunikasi yang baik

Barista adalah salah satu pekerjaan yang bersifat pelayanan. Oleh karena itu, dibutuhkan sifat ramah dan pandai berkomunikasi.

Kemampuan berhitung yang baik

Kerja sebagai barista juga membutuhkan kemampuan berhitung yang baik. Hal itu dikarenakan biasanya pekerjaan seorang barista juga menerima pembayaran atau yang biasa disebut kasir.

Kemampuan multitasking

Dengan detail pekerjaan demikian, maka barista diharapkan memiliki kemampuan multitasking yang mumpuni.

Kesabaran

Melakukan pekerjaan frontliner dan dituntut untuk multitasking tentu memerlukan tingkat kesabaran yang matang. Belum lagi jika bertemu konsumen yang kurang baik.

Tubuh yang fit

Dengan durasi kerja yang rata-rata 10 jam dalam 28 hari, tentu dibutuhkan tubuh yang fut agar bisa menjalankan tugas sebagai barista.

Itulah beberapa hal penting menyangkut dunia kerja sebagai barista. Apakah kamu berminat bekerja sebagai barista? Temukan pekerjaan barista disini!

Atau jika kamu ingin informasi perihal kerja sampingan lainnya, yuk cek artikel sebelumnya! Ada info kerja sampingan secara online juga loh!





Posting Komentar untuk "Terbilang Kecil! Segini Gaji Barista dengan Tugas Barista Seperti Ini!"