Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkas Lamaran Kerja Apa Aja Sih? Ini Versi Terlengkapnya!

Berkas lamaran kerja apa aja



Kenny Markin Media - Kamu ingin melamar pekerjaan? Sudah tahu berkas lamaran kerja apa aja sih? Berapa lembar berkas lamaran kerja? Lalu bagaimana susunan berkas lamaran kerja? 


Salah satu cara mendapatkan penghasilan selain dengan kerja sampingan dimalam hari atau kerja sampingan secara online, memanglah dengan memiliki pekerjaan yang terikat.


Dan mayoritas perusahaan tentu ingin menyeleksi serta mengenal pelamar melalui data, tes dan interview. Namun sayangnya, tidak semua pelamar berkesempatan untuk berada pada tahap tes dan interview. Oleh karena itu, berkas lamaran kerja yang lengkap adalah salah satu usaha agar dapat terpilih untuk berada ditahap selanjutnya.


Lalu berkas lamaran kerja apa aja sih? Yuk simak!


Pas Foto


Lebih tepatnya pas foto terbaru. Jika kamu melamar pekerjaan di bidang yang membutuhkan visual, kamu bisa mengambil foto dengan posisi badan agak miring kesamping. Dan pastikan itu adalah foto terbaik kamu, ya!


Fotokopi KTP


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Kalau pekerjaan yang kamu lamar memberi syarat maksimal usia, maka kamu perlu melampirkan bukti identitas. Dan biasanya itu adalah KTP.



Surat Lamaran Kerja


Beda perusahaan, beda pula ketentuan surat lamaran kerja. Jika belum ada permintaan tulis tangan, kamu bisa membuat surat lamaran kerja dengan bantuan media pengolah kata saja seperti Microsoft Office Word atau WPS.


Namun jika perusahaan yang kamu lamar meminta untuk membuat surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, maka tak perlu ragu! Itulah yang harus kamu lakukan.


Curriculum Vitae / CV


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Tentu saja harus ada curriculum vitae atau yang biasa disebut CV. Ada beberapa jenis CV tergantung kepentingannya. Mulai dari CV kreatif hingga CV ATS friendly. Untuk membuat CV pun mudah, cukup dengan menggunakan aplikasi pembuat CV gratis saja.


Portofolio


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Untuk beberapa pekerjaan, portofolio lamaran kerja memang cukup diperlukan. Contohnya adalah pekerjaan di bidang penulisan, design grafis dan lainnya.



Fotokopi Ijazah


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Sudah bukan rahasia lagi bahwa mayoritas lowongan kerja di indonesia memberi syarat minimal pendidikan. Oleh karena itu, perusahaan tersebut membutuhkan fotokopi ijazah terakhir sebagai bukti dari tercapainya syarat tersebut.


Fotokopi Transkrip Nilai


Beberapa perusahaan juga membutuhkan fotokopi transkrip nilai untuk kepentingan merekrut pekerja, loh! Jadi siapkan nilai kamu dari masih mengenyam pendidikan ya! 


Fotokopi Sertifikat


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Kepemilikan sertifikat yang bersangkutan kerap kali menjadi bahan pertimbangan dan nilai lebih, loh! Jadi, ayo perbanyak sertifikat! Terutama sertifikat yang diakui.


Formulir Lamaran


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Beberapa perusahaan akan meminta kamu untuk mengisi formulir lamaran yang disediakan saat akan interview. Bahkan diantaranya juga meminta kamu mencetak secara mandiri file formulir yang perusahaan kirimkan kepada kamu.


Fotokopi Surat Pengalaman Kerja


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Kamu pernah bekerja? Magang? Atau organisasi? Jadikan hal tersebut sebagai nilai tambah kamu. Beberapa perusahaan hanya akan mengira bahwa pengalaman kamu hanyalah kebohongan jika tidak disertai bukti.


Fotokopi SKCK


Berkas lamaran kerja apa aja sih? SKCK! Atau yang merupakan singkatan dari surat keterangan catatan kepolisian ini memang menjadi hal yang wajib bagi beberapa perusahaan. 


Fotokopi Surat Keterangan Sehat


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Memang tidak semua perusahaan memperhatikan surat keterangan sehat ini, namun ada baiknya kamu membuatnya demi memperbesar kesempatan diterima.


AK1 / Kartu Kuning


Salah satu berkas pelengkap ini sering kali di lupakan oleh beberapa pelamar. Hal ini mungkin dikarenakan pembuatannya yang dianggap ribet bagi sebagian orang. Namun jika kamu ingin melamar pekerjaan di salah satu instansi pemerintah, maka kartu kuning menjadi suatu keharusan.


Fotokopi SIM


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Untuk beberapa pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi, tentu syarat ini menjadi keharusan. Oleh karena itu, sebelum kamu melamar pekerjaan tersebut, pastikan kamu sudah membuat sim, ya!


Fotokopi STNK


Tak berbeda jauh dengan fotokopi sim, syarat fotokopi stnk pun dibutuhkan dengan alasan yang demikian. Namun, jika pekerjaan tidak menuntut kamu menggunakan kendaraan pribadi, tentu ini tidak akan diminta.



Fotokopi BPJS


Berkas lamaran kerja apa aja sih? Kamu pernah kerja sebelumnya? Atau kamu memiliki bpjs kesehatan dan atau bpjs ketenagakerjaan yang kamu bayar pribadi selama ini? Maka kamu wajib membawa ini, ya!



Fotokopi NPWP


Berkas lamaran kerja apa aja ya? Untuk pekerjaan yang kisaran gaji pertahunnya lebih dari 60 juta, maka diwajibkan memiliki NPWP. Jika kamu sudah memilikinya, maka kamu cukup serahkan fotokopinya. Namun jika kamu belum memiliki NPWP, kamu bisa bikin terlebih dahulu.



Melamar pekerjaan ibarat perlombaan. Lowongan kerja yang terbatas serta syarat yang bukan main di sandingkan dengan pencari kerja yang membludak, tentu membuat persaingan semakin ketat.


Perlu melalui banyak tahap demi bergabung dengan perusahaan tujuan. Berkas lamaran kerja yang lengkap merupakan salah satu faktor pendukung agar dilirik oleh perusahaan tujuan tersebut. Jadi berkas mana saja yang sudah kamu persiapkan?

Posting Komentar untuk "Berkas Lamaran Kerja Apa Aja Sih? Ini Versi Terlengkapnya!"