Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Cara Mengencangkan Kulit Wajah! Kamu Tahu yang Mana?

 



Mengencangkan Kulit Wajah Medis Alami (by Anna S Pexels)



Kenny Markin Media - Mengencangkan kulit wajah tentu menjadi salah satu target semua orang, terutama jika usia kamu di atas 20 tahunan. Namun sayangnya, beragam aktivitas dan kebiasaan yang dilakukan, terkadang justru menjadikan kulit wajah kendur.


Memang, apa penyebab kulit wajah kendur? kendurnya kulit wajah sebenarnya adalah hal yang alami. Hal itu disebabkan berkurangnya kandungan kolagen yang harusnya bisa membuat kulit beregenerasi.


Lalu bagaimana cara menyingkapi kulit yang mengendur? Berikut hal-hal yang dapat mengencangkan kulit wajah : 


Mengencangkan Kulit Wajah Secara Medis


Ultrasound


Tindakan medis yang menggunakan gelombang suara ini,  fokus untuk merangsang mengerasnya kolagen pada kulit bagian dermis. Sehingga lapisan epidermis diatasnya ikut mengencang. Tentunya, ini termasuk cara mengencangkan kulit wajah.


Radio Frequency


Kamu pernah dengar istilah setrika wajah? Nah! Radio frequency adalah nama lainnya. Ibarat baju, wajah yang mengendur juga bisa menjadi lebih 'rapih' dengan menggunakan tindakan medis satu ini, lho!


Microneeding


Proses mengencangkan kulit wajah dengan metode medis microneeding ini dilakukan dengan beberapa tahap. Dimana antara tahap, membutuhkan waktu sekitar sebulan. 


Sedangkan untuk prosesnya sendiri adalah, memberi luka-luka kecil pada wajah dengan menggunakan jarum-jarum kecil. Hal itu dilakukan guna merangsang produksi kolagen. Yang mana dibutuhkan untuk mengencangkan kulit wajah.


Botox


Beberapa tahun kebelakang ini, botox memang cukup terkenal. Bukan hanya dikalangan orang biasa, namun juga dikalangan para seleb. 


Cara kerja botox sendiri tidak lain dengan melemahkan otot penyebab keriput, sehingga dapat mengencangkan kulit wajah. Namun sayangnya, kondisi ini hanya bertahan 3 hingga 10 bulan saja, ladies!


Facelift


Apa itu Facelift? Facelift adalah tindakan medis untuk mengencangkan kulit wajah jalur operasi. Meski terdengar beresiko dan mengeluarkan biaya yang relatif lebih tinggi. Namun kerennya, metode ini membuat kamu bertahan awet muda selama 5 hingga 10 tahun, lho!


Mengencangkan Kulit Wajah Secara Non Medis


Mencuci Wajah Secara Teratur


Pernahkah kamu malas mencuci muka?  Mencuci muka tentu memiliki pengaruh besar dalam mengencangkan kulit wajah. 


Tahukah kamu akibat tidak membersihkan wajah? Yup! Dengan tidak membersihkan wajah, maka keringat, minyak yang diproduksi kulit dan sel kulit mati akan bertumpuk.


Hal itu akan membuat kulit menjadi gatal, iritasi, bahkan berjerawat. Itu jika kamu melakukan aktivitas didalam ruangan. Sedangkan jika kamu melakukan kegiatan diluar ruangan, maka akan lebih parah. Karena debu, polusi, kotoran lainnya akan menempel juga wajahmu bersama dengan makeup.


Kurangi Gula


Apakah gula dapat menyebabkan penuaan? Tentu bisa! Faktanya, mengkonsumsi gula secara berlebihan membuat anti oksidan alami pada kulit akan berkurang. Hal itu tentu membuat kulit wajah menjadi lebih rentan.


Selain itu, masih ada beberapa hal berbahaya dari proses glikasi, yabg disebabkan oleh kelebihan gula. Antara lain adalah terserapnya kolagen dan terhisap-nya air dari sel kulit. Ayo, pelan-pelan kita kurangi gula!


Rutin Minum Air Mineral


Apakah air putih bisa mencegah penuaan dini? Menurut para ahli, sebagian besar fungsi organ yabg ada ditubuh kita, dibantu oleh air. Oleh karena itu, air memiliki peran penting, termasuk untuk mengencangkan kulit wajah.


Makan Makanan Anti Oksidan


Apa manfaat antioksidan bagi tubuh kita? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kurangnya anti oksidan tentu membuat kulit wajah  menjadi lebih rentan dirusak oleh radikal bebas.


Lalu, Apa saja contoh antioksidan? Anti oksidan biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin E dan vitamin C. Apa saja? Yuk cari tahu!


Makan Makanan yang Mengandung Beta Karoten


Selain vitamin E dan vitamin C, Beta Karoten juga memiliki anti oksidan yang tinggu sehingga dapat menghambat proses penuaan pada kulit wajah. Tentu saja hal tersebut merupakan alternatif mengencangkan kulit wajah, bukan?



Masker untuk Mengencangkan Kulit Wajah


Bukan rahasia lagi! Bahwa masker wajah merupakan tips ampuh untuk berbagai masalah kulit, termasuk untuk mengencangkan kulit wajah. Masker apa yang bisa mengencangkan kulit wajah? Tentu ada beberapa jenis masker! Sebaiknya, gunakan sesuai jenis kulit kamu, yah!


Serum untuk Mengencangkan Kulit Wajah


Buat kamu yang sudah terbiasa dengan dunia skincare, tentu tidak asing dengan istilah serum. Lalu apa sih manfaat serum wajah? Apa hubungannya dengan mengencangkan kulit wajah?


Serum biasanya berbahan dasar air, dimana pastinya akan lebih mudah diserap oleh kulit. Hal itu lah yang membuat serum dinilai bukan hanya dapat merawat, namun mengatasi masalah kulit wajah juga. Namun, tetap perhatikan kandungannya, ya! Biar sesuai.


Senam Wajah


Tahukah kamu? Poin yang satu ini diklaim dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melatih otot. Sehingga dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah juga. 


Menariknya, ada beberapa pilihan yang dapat dicoba, mulai dari senam wajah agar simetris hingga senam wajah meniruskan pipi. Menarik, bukan?


Pijat Wajah Secara Teratur


Tidak berbeda jauh dengan senam wajah, pijat wajah pun memiliki manfaat untuk meningkatkan aliran darah. Namun bedanya, pijat wajah tentu memerlukan bantuan tangan kamu ya, ladies!


Tabir Surya


Ibarat kita yang menggunakan payung atau jas hujan agar tidak kehujanan, tabir surya menjaga kulit kamu agar terlindungi dari sinar matahari, loh! Jangan sampai, sudah melakukan semua hal di atas, tapi melupakan pakai sunscreen, ya!




Posting Komentar untuk "15+ Cara Mengencangkan Kulit Wajah! Kamu Tahu yang Mana?"