Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Dianggap Wajar! Ini Dia Jenis Jenis Pelecehan Seksual Yang Tak Banyak Diketahui




pelecehan seksual yang sering dianggap wajar poto by pexels


Kenny Markin Media - Kurangnya informasi mengenai jenis jenis pelecehan seksual, tentu menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus pelecehan seksual di Indonesia. Bukan hanya itu, bahkan pengertian pelecehan seksual pun, masih tabu untuk dibahas.

Pengertian pelecehan seksual sendiri merupakan tindakan asusila yang sensitif, terutama yang berkaitan dengan seksual dengan tidak mendapatkan persetujuan dari salah satu pihak yang berkaitan.

Mengingat pada penyebab pelecehan seksual yang utama adalah pola pikir pelaku itu sendiri, maka cara mengatasi pelecehan seksual adalah dengan mengontrol apa yang dipikirkan. Namun yang perlu kita ketahui, ternyata jenis jenis pelecehan seksual ternyata ada banyak macamnya.


Lalu apa saja jenis jenis pelecehan seksual?


Jenis Jenis Pelecehan Seksual : Pelecehan Gender


Pelecehan gender adalah pelecehan seksual yang kerap kali dianggap biasa alias sepele. Pelecehan ini biasanya merupakan pelecehan seksual secara verbal dan tak jarang dianggap lelucon belaka. Memang apa saja contoh pelecehan verbal?


Jenis Jenis Pelecehan Seksual : Perilaku Menggoda


Perilaku menggoda merupakan pelecehan seksual yang biasa dilakukan secara verbal bahkan non verbal. Mencolek atau menyentuh bagian tubuh lawan jenis dengan maksud menggoda juga merupakan bentuk pelecehan seksual, lho!

mencolek area tubuh lawan jenis dengan berlindung dibalik kata “teman”, merupakan salah satu contoh kasus pelecehan seksual yang sering kali terjadi. Parahnya, jenis pelecehan seksual seperti ini justru tak jarang dianggap candaan biasa, bahkan sebagai bentuk kedekatan.


Jenis Jenis Pelecehan Seksual : Penyuapan Seksual


Dari semua jenis jenis pelecehan seksual, pelecehan seksual yang satu ini kerap kali dilakukan dengan cara yang cukup halus, dengan maksud agar terjadi aktivitas seks yang dilakukan secara suka sama suka. Biasanya, jenis pelecehan seksual ini dilakukan dengan iming-iming sesuatu yang calon korban inginkan.

Mungkin jenis pelecehan seksual dengan cara penyuapan ini sering bermunculan di dalam cerita fiksi, tentunya dengan kemasan yang lebih manis. Namun tentu kenyataannya, tidak ada pelecehan seksual yang menguntungkan korban.


Jenis Jenis Pelecehan Seksual : Pemaksaan Seksual


Jenis pelecehan seksual ini sering kali melibatkan ancaman dan hukuman kepada korban pelecehan. Ancaman yang dilontarkan para pelaku pelecehan seksual biasanya menyangkut hal-hal yang menjadi prioritas korban pelecehan seksual.

Yang menjadi pelaku pada jenis pelecehan seksual satu ini, seringnya adalah orang yang memiliki kuasa atau harta yang lebih tinggi. Contoh kasus pelecehan seksual dengan cara pemaksaan antara lain adalah kasus dosen yang melakukan pemaksaan kepada salah satu mahasiswinya untuk berhubungan intim, dengan cara mengancam akan memberi nilai yang buruk.


Jenis Jenis Pelecehan Seksual : Pelanggaran Seksual


Pelanggaran seksual merupakan jenis pelecehan seksual terberat. Mengapa? karena jenis pelecehan kali ini sudah termasuk pemaksaan seksual bahkan jenis jenis pelecehan seksual lainnya, yang sudah disebutkan di atas.

Jenis pelecehan seksual ini juga kerap kali diikuti dengan penyerangan yang dilakukan pelaku kepada calon korban. Hal tersebut ada yang dilakukan secara spontan ataupun direncanakan.


Itulah jenis jenis pelecehan seksual yang sering kali tidak dianggap suatu pelecehan. Lalu adakah hukuman pelecehan seksual? Tentu saja ada! Sekarang simak dulu yuk tips agar bahagia setiap hari!

Posting Komentar untuk "Sering Dianggap Wajar! Ini Dia Jenis Jenis Pelecehan Seksual Yang Tak Banyak Diketahui"