Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Barang Penting Untuk Kuliah Secara Umum ala Kenny Markin





Kenny Markin Media - Apakah kamu pernah penasaran tentang apa saja isi tas anak kuliah?

Alat tulis kuliah apa saja? Berapa banyak buku tulis untuk kuliah?

Apa saja perlengkapan kuliah online? Apa saja perlengkapan kuliah offline? Apa saja buku mata kuliah dasar?

Atau bahkan kamu sudah mencari informasi perihal peralatan mahasiswa psikologi dan peralatan mahasiswa manajemen?

Atau justru tips menulis catatan kuliah dan kenapa kuliah pakai binderlah yang membuat rasa penasaran-mu meninggi?


Peralatan mahasiswa farmasi dan perlengkapan kuliah akuntansi tentu berbeda. Namun seperti yang sudah saya janjikan diartikel 12 dasar persiapan menuju kuliah sebelumnya, disini saya akan membahas 9 barang-barang penting untuk kuliah secara umum. Silahkan disimak


1. Gadget Berkemampuan Sesuai Jurusan


Perlengkapan kuliah


Apa yang kamu pikirkan ketika membaca kata gadget? Benar! Gadget yang saya maksud disini bisa handphone, tablet, laptop maupun pc. Namun setelah kata gadget di sub judul atas, saya tambahkan tiga kata lagi.


'Berkemampuan Sesuai Jurusan' yang artinya, tidak semua harus kamu miliki namun baiknya kamu memiliki sesuai keperluannya saja.


Setiap jurusan pasti memiliki prioritas yang berbeda dengan ke empat barang yang saya sebutkan diatas. Ada jurusan yang lebih memerlukan tablet, ada pula yang lebih membutuhkan laptop.


Dan tidak berhenti sampai disitu, untuk spesifikasi gadget yang dibutuhkan pun berbeda disetiap jurusan.


2. Buku dan Bahan Bacaan



Kamu adalah apa yang kamu baca. Jadi jika kamu ingin menguasai materi kuliah jurusan kamu, berarti minimal kamu harus rajin membaca materi-materi kuliah kamu sendiri.


Mungkin untuk sebagian orang, membaca adalah hal yang sulit dan membosankan, oleh karena itu saya akan merangkum tips agar membaca jadi menyenangkan di artikel selanjutnya.


3. Buku Catatan



Salah satu metode belajar paling ampuh adalah membaca lalu mencatatnya, mendengarkan lalu mencatatnya. Oleh karena itu, penting bagi pembelajar terutama mahasiswa untuk mencatat.


Biasanya mencatat bisa dilakukan di media berupa kertas, bisa juga didalam media elektronik. 


Banyak aplikasi didalam gadget yang membuat mu mudahkan untuk mencatat dan membacanya kembali. Namun mungkin kamu juga memerlukan media kertas agar lebih menjaga kesehatan matamu.


Bayangkan saja, setelah melakukan pekerjaan menggunakan gadget, apakah tidak lelah bagi mata untuk mencatat serta membaca gadget pula? 


4. Alat Tulis Yang Bervariasi



Mencatat dan membaca adalah hal yang membosankan bukan? Untuk itu kamu memerlukan variasi alat tulis.


Jangan hanya menggunakan pulpen yang bertinta hitam saja, sesekali cobalah pulpen berwarna-warni untuk membantumu menghafal beberapa kata.


Penggunaan stabilo juga sangat dianjurkan loh. Bukan hanya tulisan, kamu juga diperbolehkan menghias catatan-mu dengan gambar karyamu atau pun stiker, tidak harus yang berhubungan dengan materi kok, asal jangan terlalu ramai saja.


5. Printer


Sebagai mahasiswa sepertinya sudah menjadi kebutuhan memiliki sebuah printer. Tidak harus yang mahal, yang penting bisa mencetak dengan hasil tinta hitam dan tinta berwarna.


Memiliki printer akan membuatmu hemat waktu dan uang dibanding jika kamu harus ke warnet ataupun fotokopian setiap kamu ingin mencetak. 


6. Media Penyimpan Data


Sebut saja flashdisk, ini salah satu barang penting yang wajib kamu miliki sebagai mahasiswa. Selain flashdisk, kini ada pula yang namanya otg.

Sangat bermanfaat untuk memindahkan data dari handphone ke laptop ataupun sebaliknya. Selain flashdisk dan otg, ada pula hardisk eksternal, namun tidak semua jurusan memerlukan barang ini.


7. Akses Internet


Bila kamu sedang berlokasi diarea kampus, biasanya akan ada beberapa lokasi dimana kamu bisa mendapatkan akses internet gratis berupa wifi.

Akses internet ini sangat bermanfaat untuk menerima tugas, mengerjakan tugas dan mengirim tugas bahkan berguna pula untuk mengakses informasi dan berkomunikasi. Jadi pastikan gadget-mu terdapat fitur yang dapat membantu dalam mengakses internet.

Kamu tidak perlu pusing bila tidak terdapat wifi sekitar lokasimu, karena sekarang sudah banyak operator yang menyediakan layanan internet berbayar yang biasa disebut kuota data internet.


8. Planner dan To Do List


Kamu pasti sudah tidak asing dengan dua istilah tersebut bukan? Tentu saja, karena sudah banyak influencer yang menggunakan dua alat tersebut.

Gunanya agar membuat kamu lebih peka terhadap apa yang menjadi prioritas. Kamu bisa membuatnya sendiri sesuai kreativitasmu atau bila kamu terlalu sibuk, kamu bisa langsung pesan saja via marketplace seperti shopee, ini link tokonya.


9. Style



Meskipun mayoritas kampus memberi kebebasan dalam berpakaian, bukan berarti kamu bebas menggunakan apa saja.


Tidak lucu kalau kamu memakai satu set pakaian renang atau hanya celana kolor ke kelas? Jadi, perhatikan apa yang kamu kenakan setiap harinya.


Selain barang-barang diatas, ada baiknya kamu juga memiliki rekening serta ATM-nya dan juga dana darurat. Pastikan pula darimana sumber uang bulanan-mu agar lebih nyaman kedepannya.


Sekian 9 barang-barang penting untuk kuliah secara umum, untuk lebih spesifik apa saja isi tas anak kuliah bisa dilihat dari jurusan apa yang dia ambil dan dimana dia tinggal, apakah jauh ataukah dekat atau justru ngekos? 

Posting Komentar untuk "9 Barang Penting Untuk Kuliah Secara Umum ala Kenny Markin"